Mother&Baby Indonesia
Membuat Anak Menjadi Sosok yang Penyayang

Membuat Anak Menjadi Sosok yang Penyayang

Pasti setiap orangtua menginginkan anaknya untuk tumbuh menjadi sosok yang penyayang. Namun, sifat penyayang ternyata tidak tumbuh begitu saja dan perlu diajari sejak dini lho, Moms! Yuk, lakukan cara berikut agar Si Kecil saling menyayangi sesama dan lingkungannya.

 

Jadilah Role Model
Christine Carter, Ph.D., menyebutkan sifat baik seorang anak muncul dari mencontoh perilaku orangtua serta orang-orang dewasa di sekitarnya. Oleh karena itu, tunjukkan rasa sayang Anda dengan selalu berkata baik dan bersahabat kepada orang lain. Selain itu, sampaikan rasa sayang Anda dengan memberikan pelukan dan ciuman setiap hari.



 

Beri Pengertian
Berikan pengertian kepada Si Kecil mengenai pentingnya menyayangi sesama dan benda mati, seperti mainan dan barang-barang kesayangannya. Bacakan juga buku cerita anak yang mengisahkan tentang sosok yang berkarakter penyayang.

 



Belajar Merasakan
Pernahkah Si Kecil berkata benci terhadap adik atau temannya karena selalu meminjam mainan miliknya? Jika pernah, tanggapi perkataannya dengan menanyakan bagaimana bila ia yang dibenci atau tidak disayang oleh adik atau temannya karena tidak mau meminjamkan mainan. Situasi ini akan mengajari Si Kecil mengenai konsekuensi  yang didapatkan dengan menjadi seorang penyayang atau pembenci.

 

Tindakan Nyata
Ajak Si Kecil mengekspresikan kasih sayangnya kepada orang lain, misalnya menjenguk anggota keluarga yang sakit, memberi makanan pada hewan peliharaan, atau membelai kepala adik bayinya. Tindakan sederhana ini secara langsung akan menumbuhkan sifat penyayang pada diri Si Kecil. (DC/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   brighter_future,   agar_anak_menjadi_penyayang










Cover April 2020