Mother&Baby Indonesia
Agar Dendam Balita Menjadi Positif

Agar Dendam Balita Menjadi Positif

Kehidupan tidak selamanya menyenangkan. Untuk itu, Anda sebagai orangtua harus mengajarkan kepada balita realita yang terjadi di dalam kehidupan, salah satunya ialah saat ia merasa tersakiti dan muncul rasa dendam. Dendam merupakan hal yang wajar, namun Anda bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang positif. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti tips berikut ini.

 

Belajar Memaafkan
Saat ada seseorang menyakiti hati Si Kecil, baik secara sengaja atau tidak sengaja, dan tidak meminta maaf, ia tentu akan merasa marah serta dendam. Tugas Anda sebagai orangtua perlu memberikan pengertian kepadanya untuk belajar memaafkan. Dengan memaafkan, perasaan Si Kecil tentu akan menjadi lebih lega dan segera terlepas dari rasa 'sakit' yang mengganggunya.



 

Bersyukur
Rasanya kurang realistis kalau Anda selalu meminta Si Kecil berpikiran positif saat ia merasa sedih dan tersakiti. Namun, perlu bagi Anda untuk mengajarinya selalu bersyukur, sebab seburuk apapun yang dialaminya, akan ada pelajaran yang bisa dipetik dan membuatnya lebih kuat menjalani kehidupan.



 

Jadikan Motivasi
Kalau Si Kecil merasa marah dan dendam, tenangkan dirinya dan bantulah mengubah rasa dendam itu menjadi motivasi. Misalnya, jika ia diejek tidak bisa bersepeda oleh teman-temannya, semangatilah ia untuk terus berlatih. Berikan contoh orang-orang hebat yang dulunya juga pernah diejek, namun akhirnya bisa menjadi orang yang sukses dan luar biasa, seperti Einstein dan Beethoven. (DC/Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   dendam,   mengajarkan_anak_agar_tidak_jadi_pendendam,   brighter_future