Mother&Baby Indonesia
Cuci Tangan dapat Menghindari Penyakit

Cuci Tangan dapat Menghindari Penyakit

Saat ini, dunia kita sedang menghadapi banyak sekali tantangan, seperti masalah perubahan iklim, kesehatan dan sanitasi, kematian bayi, persampahan di kota, dan lainnya. Semua masalah ini tentu sangat memengaruhi keberlanjutan kehidupan manusia dan butuh penanganan yang melibatkan semua pihak, dimulai dari diri sendiri dan keluarga kita.

 

Menurut Sancoyo Antarikso, Direktor PT Unilever Indonesia, satu langkah kecil yang dilakukan dapat menciptakan perubahan besar, apabila  langkah kecil tersebut dilakukan secara tepat, bersama-sama, dan terus menerus. Dengan demikian, diharapkan kita bisa membuat kehidupan yang lebih baik, bukan saja untuk diri sendiri, melainkan juga untuk dunia di sekitar kita.



 

Riset Kesehatan Dasar Depkes 2007 menunjukkan bahwa 31,4 persen kematian balita di Indonesia disebabkan karena diare. Hal ini seharusnya dapat dihindari dengan satu langkah sederhana, yaitu mencuci tangan pakai sabun, yang dapat menghindarkan kita dari penyakit lainnya, dan meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia. Selain cuci tangan pakai sabun, Anda juga bisa membiasakan Si Kecil dan anggota keluarga lainnya untuk menggosok gigi pagi dan malam, merawat toilet dengan bersih, serta membiasakan sarapan pagi.



 

Salah satu masalah lingkungan hidup lainnya, yaitu persampahan. Data dari Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta menunjukkan, timbunan sampah yang dihasilkan per hari mencapai 6500 ton yang terdiri dari 53 persen sampah rumah tangga dan 47 persen sampah industri. Sampah yang tidak dikelola dengan baik juga berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Anda bisa melakukan pengelolaan sampah dengan baik dan benar di lingkungan rumah tangga. Mulai dari hal kecil, dengan memilah sampah organik dan non-organik secara benar di setiap rumah. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: anak,   kesehatan,   keluarga,   orangtua,   ibu,   cuci tangan