Mother&Baby Indonesia
Penyanyi Andien Hidup Sehat sejak Terkena Kanker Payudara

Penyanyi Andien Hidup Sehat sejak Terkena Kanker Payudara

Gaya hidup sehat belakangan ini semakin digemari. Semua orang pun berlomba-lomba untuk 'pamer' gaya hidup sehat di media sosial mereka. Tetapi, tidak dengan penyanyi jazz, Andien Aisyah. Ia sudah memulai hidup sehat sejak usia 16 tahun, ketika divonis mengalami kanker payudara.

 

Menginjak usia 30 tahun, Andien semakin peduli terhadap kesehatannya dan mulai rutin olahraga, serta menyeimbangkan pola makan. Penasaran apa rahasia hidup sehat Andien? Simak penuturannya kepada M&B berikut ini.



 

Jangan lewatkan olahraga

"Meski sibuk, kita harus menyempatkan diri berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Lakukan aktivitas apapun yang membuat tubuh bergerak. Tidak harus olahraga berat, jalan kaki ke pasar, memilih naik tangga dibandingkan lift, atau lari kecil di tempat juga sudah cukup," ujar Andien.

 

Menjaga pola makan

 "Saya dulu sempat 'gila olahraga'. Setiap hari, saya bisa olahraga berat sebanyak 3 kali. Saya pun sempat jatuh sakit karenanya. Saya pikir, semakin banyak olahraga semakin bagus. Tetapi, ternyata itu salah. Kita tidak boleh memforsir diri dengan olahraga berat terus-menerus. Menjaga pola makan seimbang lebih penting. Konsumsilah sayur, buah-buahan, dan air mineral setiap harinya. Hindari makanan berlemak dan jaga porsi makan," jelas istri Irfan Wahyudi (Ippe) ini.



 

Bawa bekal

"Untuk menjaga asupan, saya memilih untuk membawa bekal sendiri, karena bisa menentukan bahan-bahan dan mengontrol cara pengolahannya. Saya juga lebih bisa mengontrol pola makan dengan membawa bekal. Selain itu, jika lapar, saya bisa langsung ambil makanan dari tempat bekal tanpa repot membeli jajanan," tutur pelantun lagu Gemintang ini.

 

Jangan diet terlalu ketat 

"Berdasarkan pengalaman saya, jika diet terlalu ketat, lama-kelamaan kita akan bosan. Saya menyiasatinya dengan memiliki cheat day 2 kali seminggu. Saat itu, saya bisa mengonsumsi makanan favorit saya, seperti cake dan lainnya. Intinya, ketahui batas tubuh Anda dan jangan terlalu banyak 'disiksa'," tutup Andien. (Lydia Natasha/DC/Dok. Instagram Andien)



Tags: diet,   hidup_sehat,   lifestyle,   kesehatan,   ibu,   olahraga,   tip_sehat,   tip_diet,   sehat,   healthy,   healthy