Mother&Baby Indonesia
Mengenal Gejala TBC pada Anak

Mengenal Gejala TBC pada Anak

Jika Si Kecil sering batuk dan pilek, ditambah berat badannya sulit naik, Anda harus waspada! Jangan-jangan, ia mengalami TBC! Menurut dr. Rouli Nababan dari KiddieCare Center Sunter, gejala sakit TBC pada anak berbeda dengan orang dewasa.

 

Pada orang dewasa, gejala batuk darah atau batuk lama merupakan gejala utama. Sementara pada anak, gejala yang sering muncul adalah demam lama yang tidak kunjung sembuh. Ia juga mengalami kesulitan menaikkan berat badan atau malah mengalami penurunan.



 


Keluhan batuk pada anak yang patut dicurigai sebagai gejala TBC adalah batuk yang terjadi terus-menerus selama paling sedikit 2 minggu, tidak pernah reda, bahkan cenderung memberat. Intensitas batuk biasanya tidak berbeda antara siang dan malam. Anak dengan TBC juga cenderung kurang aktif dibandingkan anak sebayanya.



 

Untuk mendiagnosis TBC, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan. Di antaranya mengumpulkan keterangan perjalanan penyakit, pemeriksaan fisis, uji tuberkulin (Mantoux test), rontgen dada, biopsi benjolan di leher (bila perlu), dan pemeriksaan darah terbaru yang disebut IGRA (Interferon gamma release assay)-TB. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: gejala,   tbc,   anak,   batuk_selama_2minggu,   demam