Mother&Baby Indonesia
Membentuk Karakter Tegas Pada Anak

Membentuk Karakter Tegas Pada Anak

Karakter tegas ternyata dapat diasah lho, Moms. Menurut Lisa M. Schab, LCSW, penulis Cool, Calm, and Confident: A Workbook to Help Kids Learn Assertiveness Skills, ketegasan adalah cara berkomunikasi paling sehat. Ketegasan meliputi kemampuan menjunjung tinggi hak, sekaligus mengakui dan menghargai hak orang lain.

 

“Dengan memiliki ketegasan, seorang anak akan mampu melindungi dirinya sendiri, sekaligus menghormati keberadaan orang lain. Ia memiliki percaya diri yang tinggi dan menyadari bahwa ia tidak perlu mem-bully untuk menunjukkan siapa dirinya. Ia juga mampu melakukan pertahanan yang baik jika di-bully oleh orang lain,” ungkap Lisa.



 



Untuk membentuk ketegasan Si Kecil, Anda sebagai orangtua harus memberikannya contoh. Sebab cara berkomunikasi Anda kepada orang lain tersebut akan memengaruhi cara anak berkomunikasi kelak. Selain itu, Anda bisa mengajarkan Si Kecil melalui bermain peran bersama. Misalnya, minta ia menjadi orang yang sedang mengantre membeli es krim dan Anda secara tiba-tiba menyerobot antrean. Jika reaksinya hanya diam saja, ajarkan kalau ia harus berani menegur Anda dengan cara yang sopan. Anda pun dapat mengajarkan ketegasan dari berbagai buku cerita dengan tokoh yang memiliki karakteristik tegas. (DC/Sagar/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   tegas,   brighter_future










Cover Mei-Juni-Juli 2020