Mother&Baby Indonesia
6 Tanda Si Kecil sedang Tumbuh

6 Tanda Si Kecil sedang Tumbuh

Laura Prosser, Ph.D, ahli terapi fisik anak dari The Children's Hospital of Philadelphia menyebutkan bahwa ada 6 gerakan yang menjadi tanda kalau Si Kecil sedang tumbuh. Apa saja? Berikut penjelasannya.



Berjongkok
Kemampuan berjongkok biasanya ditunjukkan 3 bulan setelah Si Kecil bisa berjalan. "Saat anak tiba-tiba berjongkok untuk mengambil sesuatu di lantai dan kembali berjalan, tandanya kakinya sudah mulai stabil dan memiliki keseimbangan yang cukup baik," ujar Claire McCarthy, M.D., dokter anak dari Boston Children's Hospital. Pancing ia untuk berjongkok dengan menaruh mainan di lantai dan minta ia mengambilnya.



Memanjat
Di usia 18-22 bulan, Si Kecil akan mulai memanjat dengan memegang pinggir tangga, kursi, atau tangan Anda. Untuk turun dari tempat yang dipanjat, ia akan merangkak mundur terlebih dahulu. Di usia 2 tahun, ia baru mulai belajar turun dengan berjalan. Memanjat akan melatih otot-otot Si Kecil secara keseluruhan, karena dibutuhkan kekuatan dan keseimbangan untuk menggeser kaki yang satu ke yang lain. Jangan lupa selalu menjaga keamanan Si Kecil di rumah dengan memasang pagar pengaman di tangga.





Melempar dan Menendang
Pada usia 15-18 bulan, Si Kecil akan senang sekali bermain lempar bola. Ia juga akan melakukan permainan ini berulang-ulang. Aktivitas ini akan melatih keseimbangan, kelincahan, serta mengasah koordinasi mata dan tangannya. Agar lebih menyenangkan, bermainlah lempar-tangkap bola dengannya.

 

Berjalan Mundur
Si Kecil biasanya akan menunjukkan kemampuan berjalan mundur di usia 15 bulan. Gerakan ini cukup sulit untuk dilakukan, karena melibatkan gluteus atau otot-otot kuat di bagian bokong yang sangat penting untuk menopang keseimbangan dan sendi panggul. Kedua bagian tersebut tidak tersentuh saat kita berjalan normal.

 



Anda dapat menstimulasi Si Kecil untuk berjalan mundur dengan memberikan mainan yang ditarik, seperti anjing mainan. Menurut Dr. Laura, akan sulit bagi Si Kecil untuk berjalan dan menarik anjing mainan agar berada di sampingnya. Ia pun akan berbalik atau berjalan mundur, supaya mainan tersebut mendekati tubuhnya.

 

Menari
Di usia 15-20 bulan, Si Kecil akan mulai menari dan bergerak mengikuti irama musik. Ia akan belajar menyesuaikan berbagai gerakan dengan musik yang didengar. Untuk melatih kemampuan ini, putarkan beberapa jenis musik, temukan irama yang disukai Si Kecil, dan terus mainkan. Oh ya, Si Kecil juga senang meniru apa yang ia lihat, jadi jangan pernah ragu untuk menari bersamanya.

 

Melompat
Di usia 2-3 tahun, Si Kecil akan mulai melompat. Awalnya, ia akan melompat di tempat, namun seiring berkembangnya kemampuan, ia akan melompat lebih tinggi dan jauh. Melompat membutuhkan kekuatan otot yang sangat baik, juga kelincahan dan keseimbangan. (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: milestone,   usia,   perkembangan,   tumbuh_kembang,   gerak,   gerakan,   pergerakan,   tahapan_tumbuh_kembang








Cover Maret 2020