Mother&Baby Indonesia
Cara Menidurkan Anak Sesuai Usia

Cara Menidurkan Anak Sesuai Usia


Bayi (0-12 bulan)


1. Hentikan Menggendong dan Menimang
Sebagai ibu yang baru saja melahirkan, menggendong sambil menimang bayi hingga tertidur merupakan salah satu hal yang sering dilakukan. “Akibatnya, bayi belajar untuk tertidur dengan bantuan kegiatan tersebut. Kemudian, ketika ia terbangun pada malam hari, ia tidak bisa langsung tertidur sendiri melainkan meminta Anda menggendong dan menimangnya,” ujar Judith Owens, M.D., direktur The Center for Pediatric Sleep Disorders di Boston Children’s Hospital.

 

Apapun yang terjadi, sebaiknya Anda membiasakan bayi tidur di tempat tidurnya setelah ia minum susu. Menggendong dan menimang dapat Anda lakukan, namun jangan sampai bayi tertidur lelap di tangan Anda. Bila ditaruh dan ia menangis, berikan pelukan hangat dan menepuk pantatnya perlahan untuk membuatnya tenang.

 

2. Hindari Tidur Siang di Stroller
“Jika bayi sering tertidur di stroller atau car seat, ia selalu menunggu kesempatan duduk di stroller dan car seat untuk tidur,” ujar Jodi Mindell, Ph.D., penasihat orang tua dari Sleep Center di The Children’s Hospital of Philadelphia. Cobalah untuk menidurkannya di kasur bayi agar ia tidak mudah terbangun bila tertidur di stroller atau car seat.

 

3.  Asupan Sebelum Tidur
Saat bayi sudah memulai makan pertamanya, sebaiknya Anda juga memberinya makan beberapa jam sebelum ia tertidur. Ini bertujuan agar bayi Anda kenyang dan dapat tertidur pulas tanpa sering bangun di tengah malam. Kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin dan bertahap ya Moms, agar bayi Anda mulai terbiasa dengan keadaan ini.

 

4. Memilih Metode yang Tepat
Menurut Lisa Medalie, Psy.D., direktur dari pediatric-insomnia program di The University of Chicago Medicine, terdapat 2 metode membiarkan bayi (di atas 1 tahun) untuk tidur dengan sendirinya. Metode Pertama, membiarkan bayi kenyang minum ASI setelah itu bila ia belum juga tidur, taruhlah di tempat tidurnya dan biarkan ia tertidur sendiri.

 

Metode Kedua, berikan pelukan dan ASI sebelum ia tertidur lalu Anda dapat menemaninya dalam jarak yang tidak terlalu jauh. Dalam metode kedua ini, hindari kontak mata dengan bayi karena ia akan merengek dan meminta Anda untuk sellau berada di sampingnya.

 

5. Biarkan Bayi Membuat Kebisingan
“Biarkan ia melakukan apapun yang membuat dirinya nyaman,” ujar Dr. Mindell. Biasanya Si Kecil akan tertidur dengan sendirinya saat ia terbangun di malam hari. Biarkan saja namun Anda harus selalu mengamati dari jarak yang tidak terlalu dekat agar tidak mengganggu proses ia tidur kembali. (Foto: pixabay.com)



Batita (1-3 tahun)

 

1. Perubahan Tidur Siang
Anda sebaiknya pastikan Si Kecil tidur siang tidak lebih dari 4 jam agar ia dapat nyenyak saat tidur malam hari. Tidur siang yang terlalu lama dapat menghambat proses tidur malam dan berakibat Si Kecil sulit tidur, mudah terbangun, hingga mengganggu istirahat Anda.

 

2. Tidur Siang Lebih Awal
Sebagai orang tua, pastikan Si Kecil tidur siang lebih awal. Ini bertujuan agar ia tidak tidur sampai sore yang berakibat menjadi susah tidur saat malam hari. Kecuali bila terdapat hal-hal yang tidak dapat dihindari sehingga Si Kecil harus tidur sore hari.

 

3. Selalu Berikan Pengawasan
“Balita tidak selalu memiliki kontrol perilaku untuk tetap dalam batas tempat tidurnya,” ujar Dr. Mindell. Jadi bila Si Kecil tidak tidur di tempat tidur bayi, maka Anda sebaiknya awasi ia selagi ia tidur agar tidak terjatuh dari tempat tidur. (Foto: Pixabay.com)



Balita (3-5 tahun)


1. No Gadget
Mematikan televisi, iPad, dan smartphone untuk setidaknya satu jam sebelum tidur. Sinar yang dipancarkan oleh alat-alat tersebut, mampu menekan sekresi melatonin, sehingga lebih sulit untuk tertidur. “Menggunakan perangkat di tempat tidur juga dapat membingungkan ke otak anak Anda,” ujar Dr. Owens.

 

2. Bermain Sebelum Tidur
Bila Si Kecil menolak untuk tidur malam, hindari berdebat dengannya. Anda sebaiknya melakukan apa yang ia suka dan melakukan perjanjian bahwa selesai bermain, ia harus segera tidur. Anda dapat membacakan buku cerita, bermain boneka, atau perang-perangan dengan pedang mainan kesayangannya. (Foto: Freepik.com)
 




Menidurkan bayi memang penuh tantangan, banyak hal yang membuatnya tidak nyaman. Terkadang itu dapat membuat Anda stres. Padahal, masalah tidur tidak hanya terjadi pada bayi saja lho, Moms! Yuk, cari tahu solusi menidurkan anak sesuai usia! (Seva/TW/Dok. Pixabay, Freepik)





Tags: tidur bayi,   tidur anak,   cara menidurkan








Cover Maret 2020