Mother&Baby Indonesia
Waspada Tuberkulosis pada Ibu Hamil

Waspada Tuberkulosis pada Ibu Hamil

Tuberkolosis (TB) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan kuman Mycobacterium Tuberculosis yang masuk ke dalam tubuh melalui udara. Mirisnya, TB masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia. berdasarkan data SITT per November 2016, tercatat sebanyak 17.123 kasus TB.

 

TB tidak hanya menjangkit orang tua saja, anak-anak juga dapat terkena TB karena tertular dari pasien yang menderita TB. Menurut dr. Diah Handayani, SpP, ibu hamil juga dapat terkena TB. “Ibu hamil dapat terkena TB atau pasien TB yang dapat tiba-tiba hamil, akan mendapatkan obat yang sama seperti pasien lain, asal bukan yang injeksi,” ujarnya dalam acara Media Edukasi Tuberkulosis di Transportasi Publik.



 

Beberapa gejala TB yang harus ANda waspadai adalah batuk berdahak terus menerus lebih dari 2 minggu, sesak nafas dan nyeri dada, napsu makan menurun, berkeringat di malam hari walaupun tidak melakukan kegiatan, demam meriam berkepanjangan, dan berat badan menurun.



 

dr. Diah handayani juga menyarankan untuk memeriksakan seluruh anggota keluarga bila salah satunye sudah positif menderita TB, terutama anak-anak dibawah 5 tahun. Pencegahan TB juga dapat Anda lakukan dengan selalu menjaga kesehatan terutama ibu hamil, seperti memperhatikan ventilasi udara di dalam rumah dan cahaya matahari serta asupan gizi yang dikonsumsi, juga tidak merokok. (Seva/TW/Dok. Freepik)



Tags: tuberkulosis,   tb,   hamil,   kehamilan,   kandungan,   penyakit,   kesehatan,   info








Cover Maret 2020