Mother&Baby Indonesia
Benarkah Anak dengan Bentuk Kepala Besar lebih Cerdas?

Benarkah Anak dengan Bentuk Kepala Besar lebih Cerdas?

Dijawab oleh: dr. Rouli Nababan, Sp.A, Kiddie Care Centre, Sunter, Jakarta Utara.


T: Putra saya berusia 4 tahun dan memiliki bentuk kepala yang agak besar. Benarkah anak dengan kepala cenderung besar lebih cerdas?

 



J: Banyak sekali orang yang percaya kalau semakin besar otak dan lingkar kepala seseorang, maka kecerdasannya pun akan semakin tinggi. Namun hal ini hanya mitos belaka, karena tidak ada hubungannya antara kepala besar dengan tingkat kecerdasan. 

 

Tetapi, ukuran lingkar kepala anak berkaitan dengan volume otak di dalamnya. Seperti diketahui, volume otak bayi baru lahir sekitar 350 gram. Artinya, bila diameter kepala bayi sekitar 30 cm, maka volume otak di dalamnya kemungkinan akan kurang dari itu. Jangan khawatir, bukan berarti bila volume otak kurang, anak jadi berkurang potensi kecerdasannya. Ukuran lingkar kepala bayi dan anak memang berbeda-beda setiap individu.



 

Paramater yang sering dipakai klinisi untuk menentukan batas normal ukuran lingkar kepala dengan memakai skala Nellhaus. Selain mengukur lingkar kepala, memeriksa ubun-ubun juga sangat perlu dilakukan guna mengetahui perkembangan otak anak. Ubun-ubun ini menandai perkembangan dan pertumbuhan otak anak berlangsung secara normal atau tidak. Penutupan ubun-ubun yang normal berlangsung pada usia 6 sampai 19 bulan. (Meiskhe/TW/dok.M&B UK)

 



Tags: bayi,   balita,   bentuk_kepala,   kepala_besar,   cerdas,   otak










Cover Mei-Juni-Juli 2020