Mother&Baby Indonesia
3 Makanan yang Ternyata Tidak Sehat untuk Anak

3 Makanan yang Ternyata Tidak Sehat untuk Anak

 

Anda mungkin sudah tidak asing dengan efek buruk junk food, mie instan, dan snack dengan MSG bagi anak. Tapi, tahukah Anda bahwa ada makanan lain yang kurang baik bagi Si Kecil, terutama karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Apa saja ya? Yuk, simak beberapa makanan yang ternyata tidak sehat untuk Si Kecil.

 



1. Selai Kacang

Ada 2 bahan utama dalam makanan ini, gula dan minyak. Faktanya ada 21 gram gula dalam satu porsi selai kacang. Jumlah itu melebihi kebutuhan gula anak dalam sehari. Banyak orang tua yang tidak menyadarinya karena merasa selai hanya bagian kecil dari setangkap roti tawar yang merupakan sarapan sehat.

 

2. Jus

American Academy of Pediatrics (AAP) membatasi jumlah jus yang boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Untuk anak usia 1-6 tahun, jumlah maksimal yang boleh dikonsumsi adalah 4-6 ons. AAP lebih merekomendasikan anak-anak untuk mengonsumsi buah langsung karena jus, walaupun 100 persen berasal dari buah, adalah kalor dan gula yang terkonsentrasi. Dengan banyak minum jus, anak juga menjadi tidak selera makan dan bisa memicu kelebihan berat badan.

 

3. Snack Buah



Beberapa snack atau camilan diberi label 'dibuat dari buah asli,' sehingga orang tua merasa ini adalah makanan ringan yang baik untuk anak. Jangan tertipu label ya, Moms. Baca tabel kandungan untuk memastikannya. Makanan ringan ini juga banyak dibuat dari jus yang terkonsentrasi, dengan kata lain bentuk lain dari gula. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)

 

Baca juga:

Pentingnya Membaca Label Camilan pada Anak

Cermat Memilih Camilan

Wah, Benarkah Sereal Tidak Baik untuk Anak?

Cisca Becker Batasi Anak Konsumsi Makanan Manis



Tags: balita,   makanan








Cover Maret 2020