Mother&Baby Indonesia
4 Tips Traveling Bersama Keluarga Besar

4 Tips Traveling Bersama Keluarga Besar

 

Dalam waktu beberapa minggu lagi, Anda sekeluarga akan merayakan Natal dan tahun baru. Dua momen yang sangat dinanti itu pun semakin sempurna karena beberapa kantor dan sekolah memberikan jatah libur yang cukup panjang. Sayang jika tidak dimanfaatkan ya, Moms!

 



Libur tersebut bisa dimanfaatkan untuk mudik atau traveling bersama keluarga besar. Namun, berlibur bersama banyak orang tentu berbeda dengan berlibur hanya dengan keluarga inti saja. Nah, untuk Anda yang merencanakan liburan bersama sepupu, kakek, nenek, dan anggota keluarga lainnya, ada tips dari Trinity, penulis buku Naked Traveler. Yuk, ikuti 4 tips traveling bersama keluarga besar berikut ini:

 

1. Pilih Seorang Koordinator
"Sebaiknya dipilih 1 orang yang disegani oleh keluarga dan sering jalan-jalan. Di keluarga saya sendiri, biasanya saya atau sepupu saya yang menjadi koordinatornya," jelas Trinity yang ditemui di konferensi pers Kompetisi Blue Band Master Oleh-Oleh, pada Rabu (14/12) di Jakarta. 

 

2. Adakan Survei
Buat survei untuk menentukan tempat tujuan. "Adakan voting sebelumnya, usahakan jangan terlalu lebar atau terlalu sempit," ujar Trinity. Misalnya dengan membatasi pilihan tempat liburan agar diskusi tidak melebar.



 

3. Sesuaikan Itinerary 
Jika Anda dan anggota keluarga lain ada yang membawa anak kecil, pastikan jadwal bepergian disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak, misalnya waktu makan. Jangan sampai Si Kecil rewel karena lapar.

 

4. Gunakan Lebih Dari 1 Kendaraan
Seperti tips sebelumnya, anak-anak tentu tidak memiliki energi layaknya orang dewasa. Dengan menggunakan 2 mobil, keluarga yang membawa anak-anak bisa kembali ke hotel untuk beristirahat terlebih dahulu.

 


Trinity sendiri mengaku sering melakukan liburan ramai-ramai bersama keluarga besar. “Hampir setiap tahun kami selalu jalan-jalan. Teakhir, kami berlibur ke Batam dan Bintan, pernah juga ke Bal dan, ke Medan,” ujar Trinity yang pernah berlibur dengan lebih dari 20 keluarga besarnya. (Nadia Sarasati /TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: tips,   liburan,   traveling,   keluarga,   natal,   tahun_baru,  








Cover Maret 2020