Mother&Baby Indonesia
Anak-Anak Melawi Nikmati 22 Juta Liter Air Layak Minum

Anak-Anak Melawi Nikmati 22 Juta Liter Air Layak Minum

Saat air mineral di rumah habis, Anda mungkin tidak panik ya, Moms. Cukup pergi ke mini market yang bertebaran atau menghubungi agen air mineral terdekat, tidak lama kemudian air mineral dalam galon sudah tersedia.

 

Sayangnya tidak seluruh penduduk Indonesia dapat menikmati kemudahan tersebut. Masih banyak area di Indonesia yang sulit mendapatkan air layak minum, seperti daerah Melawi, Kalimantan Barat. Menurut data dari Wahana Visi Indonesia, air layak minum sangat minim, sehingga masyarakat harus mengonsumsi sumber air lain, seperti air hujan, air sungai, dan beberapa sumber air lainnya. Padahal sumber tersebut ada yang terkontaminasi dan tercemar.



 

Mengonsumsi air yang terkontaminasi tentu tidak baik bagi kesehatan, terutama kesehatan anak. Salah satu penyakit yang bisa muncul dari konsumsi air tercemar adalah diare. “Menurut Riskesdas 2013, angka diare untuk anak usia di bawah 5 tahun di Indonesia adalah 6,7 persen. Artinya, 1 dari 14 anak usia di bawah 5 tahun menderita diare,” ujar Agnes Wulandari – Interim National Resources Department Director Yayasan Wahana Visi Indonesia, saat ditemui di konferensi pers Berbagi Asa Children's Safe Drinking Water, Rabu (30/11). Angka tersebut tentu sangat menyedihkan, terlebih diare juga merupakan penyebab kematian kedua di Indonesia untuk anak dibawah 5 tahun.

 

Untuk membantu anak-anak Melawi, Procter & Gamble (P&G) bekerja sama dengan Indomart dan Wahana Visi berhasil mengirimkan 22 juta liter air layak minum ke Kalimantan Barat lewat program P&G Children's Safe Drinking Water. Air tersebut dikirim dalam bentuk bubuk water purifier yang bisa menjernihkan air kotor menjadi air layak minum dalam waktu 30 menit.



 

Water purifier ini sebelumnya sudah digunakan pada beberapa kejadian bencana, seperti tsunami di Aceh tahun 2004, gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006, gempa bumi di Padang tahun 2009, dan erupsi gunung Merapi di Jawa Tengah tahun 2012.

 

“Pada program Berbagi Air Bersih ini kami menargetkan 9 juta liter air bersih layak konsumsi disumbangkan, tapi hasil yang diperoleh melebihi apa yang kami rencanakan sebelumnya. Kami sangat berterima kasih kepada konsumen P&G yang ikut peduli dan ingin berbagi ke saudara-saudara di wilayah yang masih kekurangan akses air bersih layak konsumsi”, jelas Nararya Soeprapto, Direktur Procter & Gamble Home Products Indonesia. (Nadia/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: balita,   minum,   air_mineral,   diare,   info,   kesehatan,   pencernaan








Cover Januari - Februari 2020