Mother&Baby Indonesia
6 Cara Mengembalikan Mood setelah Libur Panjang

6 Cara Mengembalikan Mood setelah Libur Panjang

Tidak terasa tahun baru sudah terlewati dan sebentar lagi Anda harus beraktivitas seperti biasa. Setelah liburan yang cukup panjang, biasanya mood untuk bekerja masih rendah, didukung dengan tubuh yang masih lelah setelah berlibur. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa memperbaiki mood itu lho, Moms. Berikut tips untuk mengusir post-holiday blues.

 

SAAT LIBURAN



Batasi Penggunaan Gagdet

Di zaman sekarang dimana email terhubung dengan ponsel, sulit untuk memisahkan pekerjaan dengan liburan. Bayangkan jika Anda menerima email dari atasan ketika sedang liburan.

“Banyak orang yang masih bekerja saat liburan. Karena mereka khawatir akan beban pekerjaan yang menumpuk. Ini membuat mereka tidak semangat setelah libur, karena mereka tidak memiliki kesempatan untuk recharge,” ujar Amanda Itzkoff, M.D., psikiater dari Manhattan, New York, seperti dikutip dari Greatist.com.

 

Selain itu, liburan bisa membuat stres ketika Anda mulai membandingkan foto liburan keluarga Anda yang apa adanya dengan foto-foto di Instagram feed yang sudah dipoles dan terlihat lebih sempurna.

 

Anda membutuhkan waktu bebas gadget, dimana Anda tidak selalu memeriksa gadget yang bisa membuat mood Anda turun. Manfaatkan waktu untuk ngobrol dengan keluarga dan lakukan hal lain, seperti meditasi atau jalan-jalan.

 

Batasi Makan

Ya, waktu liburan memang sering dimanfaatkan untuk wisata kuliner. Tapi ketika Anda makan terlalu banyak, level insulin Anda meningkat. Hal ini menyebabkan gula darah turun drastis beberapa jam setelah makan. Akibatnya, Anda akan merasa kelelahan, dan tidak mood. Jadi, tetap batasi makan ya, Moms. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi sayur dan buah selama liburan.

 

 



SETELAH LIBURAN

Batasi Ekspektasi Setelah Liburan

“Minggu pertama Anda kembali bekerja atau beraktivitas adalah waktu untuk adaptasi ke rutinitas lama. Jangan terlalu keras pada diri sendiri, dengan membuat standar yang terlalu tinggi,” ujar Amanda.

 

Mengingat Kembali

Salah satu cara meningkatkan mood setelah liburan adalah dengan terus mengeluarkan aura positif. Jadi, daripada fokus ke beban pekerjaan, lebih baik Anda mengingat kenangan indah saat liburan, misalnya dengan memajang foto liburan. Dengan melakukan hal tersebut, suasana positif saat liburan masih terasa.

 

Buat Acara di Bulan Januari

Jadwalkan kegiatan yang menyenangkan di awal tahun akan membantu menaikkan mood Anda, karena ada hal yang Anda tunggu-tunggu. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan misalnya membuat pesta makan malam atau girls day out bersama sahabat.

 

Rencanakan Liburan Selanjutnya

Lihat kalender dan tandai long weekend selanjutnya. Rencanakan tujuan liburan sekaligus budgetnya. Dengan begitu, Anda akan semangat bekerja dan menabung untuk bisa berlibur lagi. (Nadia Sarasati/TW/Dok. Pixabay.com)



Tags: tips,   liburan,   mood,   anak,   ibu,   keluarga








Cover Januari - Februari 2020