Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Membacakan Cerita dari E-Book?

Bolehkah Membacakan Cerita dari E-Book?

 

Aktivitas membaca memang sebaiknya dikenalkan pada anak sejak dini agar ia kelak gemar membaca. Salah satu cara mengenalkannya adalah dengan membacakan buku cerita anak padanya. Jika dulu Anda hanya memiliki 1 jenis buku, saat ini ada e-book yang bisa diakses melalui ponsel atau tablet. Lalu, bolehkah Anda membacakan cerita pada anak dari e-book?

 



Sebuah penelitian ternyata menunjukkan bahwa membaca buku konvensional lebih berdampak positif dibanding membacakan e-book. Penelitian ini membandingkan interaksi antara 24 pasang ibu dan anak selama sesi membaca dengan buku dan e-book. Hasilnya, pasangan yang membaca buku mengalami interaksi yang lebih hangat dan penuh kasih sayang, dibanding dengan pasangan yang membaca melalui tablet.

 

Para peneliti merasa ini berhubungan dengan posisi membaca. Ketika membaca e-book, kepala anak cenderung menunduk. Akibatnya sulit bagi ibu untuk mendekatinya secara fisik.

 

"Sebaliknya, saat membaca buku biasa, ibu cenderung menegakkan buku agar bisa dilihat bersama, sehingga anak bisa dengan mudah dirangkul oleh ibunya. Posisi anak juga bisa menyandar dengan nyaman," jelas salah satu peneliti, Nicola Yull, seperti dikutip dari Parents.com.

 



Nicola menambahkan, saat membaca buku konvensional, peneliti melihat lebih banyak tawa, senyuman, dan perhatian yang terlihat, dibanding dengan membaca tablet bersama. (Nadia Sarasati/TW/Dok. M&B UK)

 

Baca juga:

5 Manfaat Belajar Membaca sejak Bayi

Yuk, Tumbuhkan Minat Baca pada Anak

Yuk, Bacakan Buku untuk Anak

Agar Balita Gemar Membaca



Tags: ebook,   buku,   membaca,   anak,   balita,   gadget








Cover Maret 2020