Mother&Baby Indonesia
Tanya-Jawab soal Pertumbuhan Gigi Anak

Tanya-Jawab soal Pertumbuhan Gigi Anak

Moms, memelihara kesehatan gigi susu Si Kecil memang hal yang menantang. Anda pasti punya sederet pertanyaan yang ingin disampaikan kepada dokter gigi. Nah untuk itu, kami sudah mengumpulkan 5 pertanyaan seputar gigi anak yang paling sering dikeluhkan para ibu dan meminta dokter gigi untuk menjawabnya. Bersama Drg. Meil Yusra dari Art Smile Dental Care, inilah tanya-jawab kami seputar kesehatan gigi anak.

 



1. Kapan sih gigi susu mulai muncul?

Gigi susu biasanya mulai tumbuh saat bayi berusia 6 bulan. Namun, bisa saja gigi susu tumbuh terlalu cepat atau terlalu lambat, misalnya di usia 3 bulan atau bahkan di usia 15 bulan. Jika bayi Anda salah satu anak yang tumbuh giginya terlalu cepat atau terlambat, jangan khawatir karena hal itu masih normal terjadi.

 

2. Sampai usia berapa gigi susu tumbuh?

Gigi susu terakhir umumnya tumbuh ketika balita sudah berumur 2-3 tahun. Pada usia ini, biasanya jumlah giginya sudah lengkap, yaitu 20 buah.

 

3. Bagaimana tanda-tanda gigi Si Kecil mau tumbuh?

Umumnya, anak akan lebih rewel dari biasanya. Kemudian, terjadi hipersalivasi atau pengeluaran air liur. Hal ini kerap diikuti dengan batuk karena anak tersedak liur yang produksinya sedang berlebih. Ia juga akan lebih sering menggigit. Maka pemberian teether sangat tepat saat ini.

 

4. Perlukah gusi bayi dibersihkan, walau belum tumbuh gigi?

Perlu! Moms harus mulai merawat gusi Si Kecil bahkan sejak giginya belum tumbuh. Moms bisa mulai membersihkan gusinya dengan menyeka menggunakan kain kasa atau kain lap lembut dan basah (tanpa pasta gigi). Momen ini paling tepat dilakukan saat memandikan Si Kecil. Namun, pastikan kain yang dipakai bersih dan steril ya, Moms! Kenapa hal ini penting? Tujuannya adalah untuk membiasakan Si Kecil dengan rutinitas membersihkan mulut dan gigi.



 

5. Kapan harus ke dokter gigi?

Sebaiknya, jangan menunggu anak sakit gigi untuk mengajaknya ke dokter gigi. Hal seperti ini bisa membuatnya takut ke dokter gigi, bahkan hingga dewasa kelak. Jadi, sebaiknya Anda rutin kontrol kesehatan gigi anak ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Rutinitas ini bisa dimulai sejak anak berusia 1 tahun. (Tiffany/HH/Dok. M&B UK)

 

Baca juga:

Senyum Sehat Si Kecil

Rawat Gigi Sejak Dini

7 Langkah Mudah Merawat Gigi Si Kecil

 

Wah! 77 Anak Indonesia Jarang Sikat Gigi

Menyusui Lebih dari 2 Tahun Picu Kerusakan Gigi Anak

 



Tags: gigi,   anak,   balita,   bayi,   kesehatan,  










Cover April 2020