Mother&Baby Indonesia
Anak Meninggal Akibat Tersedak Popcorn

Anak Meninggal Akibat Tersedak Popcorn

Menurut American Academy of Pediatrics, tersedak adalah salah satu penyebab utama kematian anak-anak di bawah usia tiga tahun. Salah satu penyebabnya adalah makan anggur, hot dog dan popcorn, yang memang tidak boleh dikonsumsi sebelum Si Kecil berusia 5 tahun. Namun sayangnya, masih ada juga korban yang berusia dibawah 5 tahun dan menjadi korban salah satu dari ketiga makanan tersebut.

 

Saat perayaan ulang tahun ibunya, Mirranda Grace Lawson yang berusia 2 tahun seketika terlihat tidak dapat bernapas. Melihat hal tersebut, orang tua Miranda langsung melakukan pertolongan pertama dengan memberikan CPR sambil menunggu petugas paramedis datang. Ternyata, terdapat popcorn yang berada jauh di tenggorokannya. Namun sayangnya, ketika paramedis datang, jantung sudah berhenti berdetak.



 

Namun, Mirranda ternyata masih memiliki secercah harapan walau hanya untuk sesaat. Dokter di VCU Medical Center mampu menyadarkan Mirranda, tetapi mereka memberi tahu orangtua bahwa Mirranda telah menderita kerusakan otak parah.


Setelah dua bulan Mirranda bertahan hidup dengan bantuan ventilator, dokter ingin melakukan tes “kematian otak” yang mengharuskan Mirranda melepas ventilator, untuk melihat apakah Mirranda bisa bernapas sendiri. Namun, orang tua Mirranda menolak dan menggugat rumah sakit. "Dia tidak seperti anak yang mati otak,” ujar ayahnya.  Keadaan yang semakin memburuk, membuat Miranda menghembuskan napas terkahirnya pada 1 November lalu.

 

Ini memang bukan kasus yang petama kali terjadi, untuk itu diharapkan orang tua dapat terus mengawasi Si Kecil. Untuk menghindari risiko tersedak, berikut saran dari Mayo Clinic:

1. Jangan menawarkan makanan yang berisiko tinggi membuatnya tersedak, seperti anggur, popcorn, potongan daging dan keju, dan permen.
2. Mengawasi waktu makan. Jangan biarkan anak-anak berjalan atau berlari sambil makan.
3. Potong makanan menjadi potongan-potongan yang mudah dikunyah Si Kecil.
4. Periksa label mainan anak, sesuaikan usia yang tertera pada label.
5. Mempelajari metode CPR bila sewaktu-waktu anak tersedak. (Seva/TW/Dok. Womansday.com)

 



 

Baca juga:

Pertolongan Pertama Jika Si Kecil Tersedak

BLW atau Spoonfeeding, Mana yang Mudah Tersedak?

Bayi Hampir Meninggal karena Tersedak Camilan

Waspada Bayi Tersedak

 



Tags: anak,   tersedak,   popcorn,   kesehatan,   anak,   tewas,  








Cover Januari - Februari 2020