Mother&Baby Indonesia
Ini Alasan Posisi Duduk W Dilarang untuk Anak

Ini Alasan Posisi Duduk W Dilarang untuk Anak

Senang rasanya melihat Si Kecil sudah dapat duduk sendiri dengan posisi tegak. Namun, apakah anak Anda duduk dengan posisi kaki menyerupai huruf W? Bila iya, segera hentikan kebiasaan duduk dengan posisi tersebut sebelum terlambat.

 

Duduk dengan posisi "W" tidak direkomendasikan untuk siapapun. Terkadang, saat Si Kecil bermain, duduk dengan posisi tersebut dapat dilakukan tanpa sadar. Tubuhnya yang lentur akan dengan mudah mencapai posisi tersebut untuk membuatnya duduk dengan nyaman. Dikutip melalui Popsugar.com, beberapa ahli terapis mengemukakan alasan mengapa duduk posisi “W” tersebut dilarang, salah satunya adalah karena dapat menyebabkan otot menjadi kaku, terutama di kaki dan pinggul, diikuti dengan lutut dan pergelangan kaki.



 

Dikutip melalui The Sun, posisi duduk “W” juga dapat mempengaruhi keseimbangan saat ia dewasa nanti. "Posisi duduk W akan menyebabkan penundaan otot postural sehingga mempengaruhi keseimbangan atau stabilitas inti yang kita butuhkan, terutama ketika kita tumbuh dewasa saat akan melakukan angkat berat atau olahraga tertentu," ujar Dr. Claudia Chaloner, terapis kesehatan fisik dari Movement Rx.



 

Lalu, bagaimana bila sudah terlanjur terjadi? Anda dapat mengoreksi ketika Si Kecil duduk, lalu mencontohkan duduk dengan posisi lain yang dapat menjadi pilihan Si Kecil. Duduk bersila dan kaki menyamping ke kanan atau kiri dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anak. Ingat ya Moms, karena semuanya membutuhkan proses, jadi perlu waktu beberapa hari atau minggu agar Si Kecil mengubah kebiasaan tersebut. (Seva/TW/Dok. Popsugar)
 



Tags: posisi_duduk,   toddler,   anak,   bayi,   postur,   tubuh,