Mother&Baby Indonesia
Nutrisi Terbaik Bagi Anak ADHD

Nutrisi Terbaik Bagi Anak ADHD

Anak-anak dengan ADHD membutuhkan banyak sehat, makanan diproses dengan jumlah yang baik dari buah-buahan dan sayuran. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan dan berhati-hati memilih makanan yang dapat memiliki efek bila mereka makan makanan tersebut. Berikut ini, terdapat beberapa saran makanan yang dapat dimakan untuk anak ADHD.

 

Berikan yang Alami
Moms, sebaiknya hindari makanan yang menggunakan pewarna buatan, penguat rasa, dan pengawet. Penelitian telah membuktikan bahwa zat-zat tersebut dapat membuat anak-anak ADHD menjadi lebih hiperaktif dan kurang fokus. Maka hindari mie instan dan beberapa makanan yang menggunakan pengawet dan pewarna buatan ya, Moms!



 

Baca juga: Mengenal Gejala, Penyebab, dan Pengobatan ADHD

 

Hindari Gula Berlebih
Meskipun tidak semua anak ADHD bereaksi terhadap gula, namun sebaiknya Anda mengurangi asupan gula berlebih bagi mereka. Soda juga sebaiknya jangan diberikan. Jus buah dapat Anda berikan sesekali saja dan tidak terlalu sering karena buah juga tidak baik bila diberikan secara berlebihan.

 

Sarapan
Sarapan sangat penting bagi anak ADHD untuk menambah tenaga dan meningkatkan konsentrasi. Sarapan yang baik bagi mereka adalah oatmeal, sereal gandum, dan roti gandum panggang dengan kacang atau almond butter. Kacang sangat baik bagi tubuh, sehingga jangan lewatkan aneka jenis kacang bagi Si Kecil.



 

Baca juga: ADHD Pengaruhi Masa Depan Anak

 

Makanan Organik
Konsumsilah makanan organik sebanyak mungkin. Ini bukan karena makanan organik memiliki lebih banyak nutrisi, tetapi karena mereka tidak memiliki pestisida, hormon, dan zat aditif lainnya yang telah dikaitkan dengan ADHD.

 

Omega 3
Pastikan anak Anda makan kombinasi yang baik dari lemak sehat. Lebih baik, Anda menggunakan zaitun, minyak canola, atau minyak safflower tinggi oleat, yang tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sangat menyehatkan. Yang paling penting, perlu bagi anak Anda untuk mendapatkan cukup asam lemak omega-3, yang penting untuk mengotimalkan fungsi otak anak. Bila perlu, Anda dapat konsultasikan ke dokter tentang tambahan suplemen omega-3. (Seva/TW/Dok. Freepik.com)
 



Tags: makanan,   adhd,   anak,   nutrisi,   gizi










Cover Mei-Juni-Juli 2020