Mother&Baby Indonesia
Tips Agar Anak Nyaman saat Teething (Bagian 1)

Tips Agar Anak Nyaman saat Teething (Bagian 1)

 

Tidak ada yang lebih lucu dibanding senyum Si Kecil dengan gigi yang lengkap. Sayangnya, sebelum mencapai tahap itu, Si Kecil harus menghadapi proses teething atau masa tidak nyaman saat tumbuh gigi, seperti ngiler dan gusi gatal. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat proses teething lebih nyaman bagi anak, dikutip dari Mother&Baby UK.

 



Baca juga: 5 Tanda Bayi Tumbuh Gigi.

 

Berikan Teething Toy

Teething toy dapat membuat gusi Si Kecil lebih nyaman karena dapat digigit dan didinginkan. Ada banyak merk dan jenis teether yang bisa Anda pilih. Setiap anak pasti memiliki preferensi sendiri, jadi tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa jenis untuk mengetahui mana yang paling disukai Si Kecil.

 

Tekan Gusinya

Anda dapat menekan gusi Si Kecil untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih ya, Moms. Hati – hati, karena trik ini bisa membuat Anda sakit saat giginya sudah mulai keluar.

 



Berikan ASI Atau Puree

Beberapa bayi yang sedang tumbuh gigi ingin menyusu untuk membuatnya lebih nyaman. Namun, ada pula bayi yang justru menolak menyusu karena gusi terasa gatal. Jika itu yang terjadi, Anda dapat memberinya ASI perah lewat gelas khusus atau puree makanan. Jangan khawatir karena ia akan kembali menyusu langsung setelah masa ini lewat.

 

Berikan Biskuit

Jika Si Kecil kurang suka dengan teether dingin, Anda dapat memberinya biskuit bayi sebagai alternatif. Tapi, jangan tinggalkan ia sendiri saat makan ya, Moms. Pastikan juga biskuit tersebut sesuai dengan usianya.

 

Serbet Basah

Serbet atau flanel yang basah juga bisa membuat gusinya nyaman lho, Moms. Gunakan serbet bersih. Rendam dalam air mineral atau teh kamomil untuk memberinya efek tenang dan nyaman. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   tumbuh_gigi,   teething,   gigi








Cover Maret 2020