Mother&Baby Indonesia
Alasan Bayi Tersenyum

Alasan Bayi Tersenyum

 

Setiap ibu pasti tidak sabar untuk melihat senyum pertama anak mereka. Dikutip dari Babycenter.com, bayi tersenyum untuk pertama kali pada usia 4–6 minggu. Namun, bisa saja ia tersenyum sebelum usia ini. Lalu bagaimana cara untuk membuatnya tersenyum?

 



Dikutip dari Mother&Baby UK, University of California melakukan penelitian tentang senyuman bayi dan mengungkap bahwa bayi tersenyum agar orang di hadapan mereka ikut tersenyum. Dalam penelitian ini, ada 13 ibu dan bayi yang berpartisipasi, dan para bayi tersebut menunjukkan tanda bahwa mereka 'sengaja tersenyum' pada ibunya.

 

Para peneliti berkesimpulan bahwa bayi memilih waktu yang paling tepat untuk tertawa, agar bisa mendapat senyuman balik dari ibunya. Hal ini serupa dengan komedian memilih waktu yang tepat untuk berkelakar, agar mendapatkan tawa yang keras dari para penonton.



 

Jika ingin membuatnya tersenyum, carilah waktu saat ia sedang tenang. Angkat Si Kecil ke hadapan Anda, sekitar 30 cm, kemudian berbicara atau menyanyilah padanya. Jika ia tampak tidak nyaman, coba berikan lebih banyak jarak dan lakukan hal yang sama. Awalnya, ia akan melihat Anda dalam waktu yang lama, lalu tersenyum.

 

Jangan menyerah jika trik itu belum berhasil, karena ia masih belajar mengkoordinasikan gerakan tubuh, termasuk bibirnya. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   senyum,   tersenyum,   milestones,  








Related Article