Mother&Baby Indonesia
Brain Games untuk Bayi 6-9 Bulan

Brain Games untuk Bayi 6-9 Bulan

Untuk menunjang perkembangan otak Si Kecil, Anda perlu memberikan stimulasi berupa permainan yang tepat. Nah, jika Anda memiliki bayi berusia 6-9 bulan, coba beberapa brain games yang tepat ini yuk, Moms.

 

 



Baca: Brain Games untuk Bayi 0-3 Bulan

 

 

1. Bermain dengan Cermin
Penelitian mengatakan:

Karena saraf-saraf otak yang mengatur penglihatan terbentuk pada awal-awal usia bayi, bayi membutuhkan stimulasi-stimulasi untuk merangsang pembentukan saraf visualnya.


Cara bermain:

  • Ada beberapa permainan yang bisa Anda lakukan dengan si kecil ketika berada di depan cermin, seperti: tersenyum, menggoyangkan bagian-bagian tubuh, membuat mimik dan suara lucu, berbicara dengan Si Kecil di depan cermin, menirukan suara binatang, dan memutar badan sambil bermain cilukba.
  • Mintalah Si Kecil untuk menirukan gerakan atau suara Anda.

 


2. Cilukba
Penelitian mengatakan:

Penelitian di Universitas of Alabama menemukan bahwa permainan-permainan sederhana, seperti cilukba dan menyusun balok sangat dianjurkan untuk bayi karena mampu meningkatkan kemampuan berbahasa, motorik, dan juga kognitifnya.


Cara bermain:

  • Permainan cilukba bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyembunyikan mainan, boneka, atau wajah Anda sendiri.
  • Berikan Si Kecil kesempatan untuk menyembunyikan dirinya sendiri dan berkata 'baaa' ketika ia menampakan wajahnya pada Anda.
  • Permainan cilukba ini terbukti merupakan permainan favorit semua bayi. Mereka bisa tertawa dan gembira melalui permainan ini.

 

 



Baca: Brain Games untuk Bayi 3-6 Bulan

 

 

3. Ayo Kenali Tekstur dan Bentuknya
Penelitian mengatakan:

Pengalaman sensorik seorang anak akan berpengaruh pada kemampuan intelektualnya di masa depan. Oleh karena itu, kenalkan anak Anda berbagai tekstur benda sejak dini.

 

Cara bermain:

  • Ambillah dua benda yang memiliki bentuk dan tekstur berbeda, seperti jagung dan tomat.
  • Berikan kedua benda ini pada si kecil dan biarkan ia meraba dan merasakannya.
  • Sambil ia meraba dan bermain dengan keduanya, sebutkan namanya dan jelaskan seperti ini, 'Yang ini namanya jagung, bentuknya lonjong dan kulitnya agak kasar. Sedangkan yang ini tomat, kulitnya halus dan bentuknya bulat.”
  • Lakukan hal yang sama pada benda-benda lain yang ia pegang dan mainkan.

 

 

4. Kenali Tubuh Sendiri
Penelitian mengatakan:

Sentuhan bagi seorang bayi sama pentingnya dengan nutrisi dan vitamin bagi tubuh. Dengan menyentuh Si Kecil, ia akan merasakan kasih sayang dari Anda dan menjadi gembira karenanya.


Cara bermain:

  • Pegang tangan Si Kecil dan tuntunlah ia untuk merasakan bagian-bagian tubuhnya.
  • Anda bisa melakukannya sambil bernyanyi; “Kepala, pundak, lutut, kaki... lutut, kaki. Daun telinga, mata, hidung dan pipi. Kepala, pundak, lutut, kaki... lutut, kaki.”
  • Ulangi permainan ini. Si Kecil biasanya akan tertawa karena permainan ini sangat menyenangkan bagi mereka. (Rosa Ayu Hapsari/Dok. M&B UK)



Tags: stimulasi,   otak,   games,   bayi,   anak,   batita,   permainan,  








Cover Maret 2020