Mother&Baby Indonesia
4 Stimulasi agar Anak Lancar Berbicara

4 Stimulasi agar Anak Lancar Berbicara

 

Moms, penelitian telah membuktikan bahwa bayi sudah mulai belajar bicara sejak usia 7 bulan. Walaupun setiap anak punya milestone yang berbeda–beda, tidak ada salahnya Anda mulai memberinya stimulasi untuk memperlancar prosesnya belajar bicara. Berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sambil bermain bersamanya.

 



1. Minta Pendapatnya

Ketika Anda berbicara dengan anak, berikan jeda untuk ia membalas perkataan Anda. “Ini mengajarkannya tentang ritme percakapan dan mendorongnya untuk berpartisipasi. Walaupun ia belum bisa bicara, tetapi Si Kecil bisa membalas dengan gumamannya. Jadi jangan lupa untuk merespons hal itu,” jelas Dr. Sarah Roseberry dari Washington University, seperti dikutip dari Mother&Baby UK.

 

2. Matikan TV

Menurut Sarah, suara bising televisi beserta gambarnya terkait dengan pendeknya waktu mengobrol anak dan orang tua, juga singkatnya waktu bermain anak. Lebih baik Anda menghabiskan waktu dengan mengobrol bersama anak.

 

Baca juga: Solusi Anak Kecanduan Gadget.



 

3. Membaca Buku Bersama

Banyak hal yang bisa dipelajari dari aktivitas ini lho, Moms. “Penelitian membuktikan bahwa anak–anak belajar dengan mendengar banyak kata yang baru dan berbeda,” jelas Sarah. Selain itu Si Kecil juga belajar bagaimana mengaitkan antara objek dan kata. Dengan membaca bersama, ia belajar membuka halaman dan memegang buku. “Anak jadi belajar tentang pola membaca yang dapat berguna di masa depan,” tambah Sarah.

 

Baca juga: Peran Orang Tua saat Anak Terlambat Bicara

 

4. Ikuti Iramanya

Secara tidak sadar, Anda mengubah nada dan ketinggian bicara saat berhadapan dengan bayi dan anak–anak. “Kami menyebutnya sebagai infant-directed speech (IDS) untuk menjelaskan tipe berbicara dengan bayi dan balita, yaitu nada tinggi, beragam frekuensi, dan tata bahasa yang lebih mudah,” ujar Sarah. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang banyak mendengar IDS, lebih banyak bergumam dan memiliki lebih banyak kosakata ketika ia mencapai usia 24 bulan. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   balita,   bicara,   tips,   info,   stimulasi










Cover April 2020