Mother&Baby Indonesia
5 Tips Mengatasi Biang Keringat

5 Tips Mengatasi Biang Keringat

Pernah melihat bintil-bintil kemerahan berisi air pada kulit anak Anda? Jika ya, mungkin itu miliaria atau biang keringat. Masalah kulit yang satu ini sangat gatal, jadi tidak heran kalau Si Kecil merasa terganggu hingga susah tidur. Jangan panik dulu, Moms. Ikatan Dokter Anak Indonesia memberikan 5 tips untuk mengatasi biang keringat pada anak, seperti dilansir dari Idai.or.id.

 

Baca: Waspada Miliaria, Biang Keringat pada Anak



 

1. Ganti Baju
Setiap kali anak berkeringat, Anda perlu segera mengganti bajunya dengan yang kering dan bersih. Moms juga perlu memerhatikan bahannya, karena sebaiknya baju anak berbahan katun yang nyaman dan tidak panas.

 

2. Keringkan Kulit
Keringkan kulit yang terkena biang keringat dengan menggunakan lap basah terlebih dahulu. Lap tubuhnya dengan waslap yang telah dibasahi air hangat, atau bisa juga langsung dimandikan dengan air hangat. Namun pastikan airnya tidak terlalu panas karena dapat merangsang timbulnya keringat.

 



3. Kering Alami
Setelah langkah di atas, sebaiknya Anda tidak langsung memakaikan baju pada Si Kecil. Tunggulah beberapa saat hingga kulit dan lipatan-lipatannya kering dengan sendirinya. Tujuannya tentu saja untuk mencegah biang keringat semakin parah karena bergesekan dengan handuk.

 

4. Sedikit Bedak
Anda boleh mengusapkan sedikit bedak ke tubuh Si Kecil, terutama bagian punggung dan dada.

 

5. Bantuan Salep
Ada kondisi miliaria atau biang keringat yang menyebabkan Si Kecil perlu dibawa ke dokter. Misalnya, jika biang keringat tidak membaik setelah penanganan lebih dari 3 hari, timbul demam, rasa sakit atau gatal berat, dan muncul tanda-tanda infeksi. Kalau sudah begini, biasanya dokter akan memberikan obat oles yang bisa Anda oleskan sesuai anjuran. (Tiffany/OCH/Dok. M&B UK)
 



Tags: biang_keringat,   miliaria,   kulit,   bayi,   anak,   balita,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020