Mother&Baby Indonesia
6 Hal Tentang Bayi yang Belum Anda Ketahui

6 Hal Tentang Bayi yang Belum Anda Ketahui

 

Mungkin Anda sering merasa bayi Anda belum tahu apa-apa. Atau Anda justru heran kenapa ada hal-hal yang selalu dilakukan olehnya. Jika tumbuh kembang Si Kecil terasa bagai misteri bagi Anda, maka 6 fakta tentang bayi berikut ini akan membuat Anda mengangguk-angguk.

 



1. Newborn Tidak Bisa Mengeluarkan Air Mata

Sampai berusia 3 bulan, kelenjar air mata mereka hanya cukup untuk menghasilkan cairan yang melembabkan dan melindungi matanya saja.

 

2. Bayi Tahu Anda Marah

Jika Anda dan suami sering berdebat di depan anak, sebaiknya Anda tidak lagi melakukan hal itu, walaupun anak Anda masih bayi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak berusia 15 bulan paham ketika melihat orang dewasa sedang marah.

 

3. Bayi Sering Bersin

Alasannya tidak selalu karena sakit atau kedinginan lho, Moms. Tetapi, itulah caranya membersihkan jalur pernapasan mereka dari debu dan partikel lainnya.



 

4. Kepala Bayi Tumbuh Sangat Cepat

Ukuran rata-rata kepala bayi baru lahir adalah 14 inci atau 35,5 cm. Ukuran ini akan bertambah menjadi 18 inci atau 45,7 cm ketika ia berusia 1 tahun. Sementara itu, ukuran kepala orang dewasa adalah 22 inci atau 55,8 cm. Dengan kata lain, separuh pertumbuhan kepalanya terjadi dalam waktu 1 tahun pertama kehidupan Si Kecil.

 

5. 20 Persen Bayi Menjedukkan Kepalanya

Alasannya tentu bukan karena ia suka musik metal ya, Moms. Beberapa anak memang menjeduk-jedukkan kepalanya untuk berusaha tidur saat sedang kesakitan, misalnya saat tumbuh gigi atau mengalami sakit di telinga. Para ahli mengatakan bahwa hal ini masih normal dan lebih sering dilakukan anak laki-laki. Biasanya hal ini akan berkurang, bahkan berhenti, di usia 3 tahun.

 

6. Tidur Siang Meningkatkan Memori Bayi

Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa anak yang tidur siang selama 30 menit lebih bisa menangkap hal yang baru diajarkan, dibanding dengan yang tidak tidur. Jadi, pastikan anak Anda tidur siang cukup ya, Moms. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   newborn,   info,   tumbuh_kembang,   anak,  








Cover Januari - Februari 2020