Mother&Baby Indonesia
Membersihkan Hidung Bayi dengan Benar

Membersihkan Hidung Bayi dengan Benar

Menjaga kebersihan badan bayi sejak kecil sangat penting untuk menghindarkannya dari penyakit. Namun, kebersihan badan saja tidak cukup, yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan alat indranya. Salah satunya hidung.

 

Membersihkan bagian hidung bayi secara rutin sangat penting dilakukan karena merupakan saluran untuk bernapas. Namun terkadang, penumpukan kotoran dapat menyebabkan hidung bayi tersumbat sehingga menjadi sulit bernapas. Sebenarnya kotoran tersebut dapat keluar sendiri saat bayi bersin. Namun Anda juga bisa membersihkannya dengan beberapa cara ini.



 

1. Bantuan Cotton Bud

Bersihkan dengan menggunakan cotton bud yang telah diberi air hangat. Kemudian masukkan cotton bud ke lubang hidung tetapi jangan terlalu dalam ya, Moms. Lakukan gerakan memutar cotton bud dari kiri ke kanan, tentunya secara perlahan, ya.

 

2. Jangan Disedot

Hindari membersihkan hidung bayi dengan menyedot langsung dengan mulut karena cara ini sama sekali tidak efektif!

 



3. Hindari Area Cuping

Tidak hanya kulitnya, cuping hidung bayi juga masih sangat sensitif. Oleh karena itu, hindari membersihkan area cuping hidung bayi dengan keras ya, Moms.

 

4. Kain Lembut

Untuk mengeluarkan kotoran di hidung bayi, sebaiknya Anda tidak menggunakan kain yang kasar karena dapat melukai hidungnya. Hindari juga menggunakan jari Anda untuk membersihkannya, karena ukuran dan tekanan yang terlalu kuat bisa membuatnya kesakitan.

 

5. Dokter THT

Apabila penumpukan kotoran sudah sangat menganggu pernapasan bayi sebaiknya Anda membawanya ke dokter anak atau dokter THT. (Meiskhe/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bayi,   sehat,   bersih,   hidung,   panca_indera,   penyakit