Mother&Baby Indonesia
 Kenali Ciri-ciri Obesitas pada Anak

Kenali Ciri-ciri Obesitas pada Anak

Obesitas atau kelebihan berat badan pada anak memiliki dampak negatif bagi kesehatannya, baik di masa sekarang atau di masa yang akan datang. Karena itu, kenalilah beberapa ciri obesitas pada anak, agar Anda lebih waspada dan dapat menghindarinya, Moms.

 

1. Badan Besar Tidak Sesuai Umur



Biasanya anak yang mengalami obesitas akan terlihat lebih besar dan gemuk, ukuran tubuh ini tidak sesuai dengan usia yang mereka miliki. Segera konsultasikan pada dokter jika Si Kecil memiliki tubuh yang gemuk dan besar untuk memastikan apakah ia mengalami obesitas atau bukan.

 

2. Lebih dari Ukuran Normal

Jika Si Kecil mengalami kenaikan berat badan secara signifikan dalam kurun waktu 3 bulan dan kenaikannya melebihi berat badan normal pada balita, maka dapat dikatakan anak Anda mengalami obesitas.

 

3. Lipatan Tubuh



Tidak hanya dilihat dari berat badan, obesitas pada anak juga dapat dilihat melalui kondisi fisik secara lebih spesifik lagi. Contohnya adalah terdapat lipatan di beberapa bagian tubuh seperti di bagian dagu dan perut, pipi terlihat tembem, dan leher terlihat pendek.

 

4. Alat Kelamin Kecil

Pada anak laki-laki yang obesitas, akan terlihat bagian dada yang lebih besar, serta alat kelamin yang akan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan anak laki-laki dengan berat badan normal. Hal ini disebabkan karena penumpukan lemak di area alat kelamin yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan alat kelamin. 

 

Agar Si Kecil dapat terhindar dari obesitas, perhatikan dan jaga selalu pola makan dan pola hidup mereka ya, Moms! Anda dapat melakukannya dengan memberikan makanan yang bergizi dalam porsi yang cukup, serta mengajak mereka untuk banyak bergerak seperti berolahraga bersama atau bermain ringan bersama Si Kecil. Jangan juga menyuruh mereka untuk diet, bagaimana caranya? Lihat di artikel ini, ya. Good luck! (Lydia Natasha/TW/Dok. M&B UK)



Tags: gemuk,   obesitas,   tanda_obesitas,   ciri_ciri_obesitas,   ciri_obesitas_anak,   bayi_obesitas










Cover April 2020