Mother&Baby Indonesia
Cara Membersihkan Kotoran Hidung Bayi

Cara Membersihkan Kotoran Hidung Bayi

Bagi bayi, hidung yang kotor dan tersumbat dapat membuat tubuhnya menjadi rentan. Jika Moms tidak rajin membersihkan hidungnya, maka pernapasannya dapat terganggu. Padahal, bayi baru bisa fasih bernapas lewat hidung, belum bisa lewat mulut. Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan hidung Si Kecil. Intip yuk, cara-caranya!

 

1. Anda dapat membersihkan hidung Si Kecil menggunakan cotton bud, kapas, atau kain yang sebelumnya sudah dicelupkan di air hangat. Masukkan perlahan-lahan ke hidung bayi dan jangan terlau dalam, ya. Kemudian, bersihkan sambil jari Anda memutar dari kiri ke kanan. Moms juga dapat memakai pinset kecil untuk mengeluarkan kotoran dari dalam hidung bayi.



 

2. Jika ada lendir hidung bayi yang mengering, lebih baik Anda melunakkannya terlebih dahulu. Masukkan kapas basah yang hangat, kemudian tunggu hingga lendir keringnya mengencer. Jangan terlalu keras memasukkannya, karena cuping hidunng bayi masih sangat lembut dan rentan terluka.

 



3. Jangan memasukkan jari Anda ke hidung ya, Moms. Hal ini malah dapat mendorong kotorannya ke dalam. Selain itu, jangan menyedot ingus Si Kecil dengan mulut karena berisiko melukai hidungnya jika Moms menyedot terlalu dalam. Menyedot ingus juga dapat membuat lendir dan kotoran yang ada di hidung Si Kecil naik ke telinganya dan menimbulkan infeksi.

 

4. Agar hasilnya optimal, bersihkan hidung Si Kecil secara teratur ya Moms. (Lydia Natasha/TW/Dok. M&B UK)



Tags: hidung,   hidung_bayi,   membersihkan_hidung,   membersihkan_hidung_bayi,   kebersihan_bayi,   kebersihan_hidu








Cover Januari - Februari 2020