Mother&Baby Indonesia
Aksesori Penting untuk Bayi Prematur

Aksesori Penting untuk Bayi Prematur

 

Sebuah perusahaan start up di Bangalore, India, menciptakan gelang khusus yang memantau suhu tubuh bayi prematur selama 24 jam. Saat suhu bayi terlalu rendah atau tinggi, maka gelang tersebut akan berbunyi sehingga perawat, dokter, atau ibunya dapat langsung menanganinya.

 



Dengan adanya gelang ini, Bempu, perusahaan start up tersebut, berharap bayi prematur bisa terhindar dari kematian. Di India ada 8 juta bayi prematur yang lahir setiap tahun dan memiliki risiko terkena hypotermia, kondisi suhu tubuh di bawah 36,5 derajat Celcius. Dengan suhu tersebut, bayi berisiko terkena sepsis dan pnemonia yang berbahaya bagi nyawanya. 

 

“Ibu baru sangat khawatir dengan suhu tubuh bayinya. Gelang ini lebih baik daripada termometer karena memantau suhu tubuh bayi terus menerus,” jelas Dr. Sanjar Wazir, direktur neonatal intensive care unit (NICU) di sebuah rumah sakit di Gurgaon, seperti dikutip dari The Guardian.

 

Saat ini, Bempu dan sebuah LSM masih mengadakan proyek percobaan di daerah Rajashtan, dan berharap ke depannya semua bayi prematur di rumah sakit pemerintah mendapatkan gelang tersebut secara gratis.

 

Hal ini penting karena rumah sakit pemerintah di India tidak bisa menampung bayi prematur yang lahir. “Inkubator selalu penuh, bahkan sampai 3 bayi harus masuk dalam 1 inkubator. Ada juga masalah kurangnya staf, sehingga perawat harus berlari ke sana kemari dalam merawat bayi yang seluruhnya adalah prioritas. Sangat sulit untuk bisa menangani banyak bayi berisiko tinggi,” jelas Gini Morgan, kepala public health Bempu.



 

Karena banyaknya bayi prematur, tidak jarang rumah sakit membiarkan bayi prematur pulang sebelum kondisinya benar–benar sehat, demi memasukkan 1 bayi prematur lain. Alasan lain adalah karena orang tuanya tinggal di desa terpencil dan tidak memiliki cukup uang untuk tinggal di sekitar rumah sakit.

 

Ketika kembali ke rumah, tidak banyak orang tua yang memiliki informasi tentang pentingnya menjaga suhu tubuh bayi tetap stabil. Akibatnya, banyak bayi prematur yang meninggal di rumah.

 

“Gelang ini sangat berguna bagi ibu yang tinggal jauh dari rumah sakit. Alarm akan memberitahu ibu bahwa bayinya tidak sehat. Begitu juga bagi NICU yang kekurangan perawat. Namun, perlu diingat bahwa masalah tidak berhenti ketika mengetahui suhu tubuh. Orang tua juga perlu diberi informasi tentang tindakan yang bisa mereka lakukan untuk membuat suhu bayi kembali normal,” jelas Dr Vishnu Bhat dari Postgraduate Medical Education and Research Jawaharlal Institute di Pondicherry.

 

Gelang ini memiliki tingkat akurasi 85–90 persen dan dapat bertahan selama 1 bulan menggunakan baterai. Semoga para ibu dengan bayi prematur bisa segera mendapatkannya ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. Theguardian.com)



Tags: bayi,   prematur,   gelang,   aksesoris,   suhu,   hipotermia,   anak,   batita,  








Cover Januari - Februari 2020