Mother&Baby Indonesia
Alasan Kenapa Bayi Dilarang Minum Air Putih

Alasan Kenapa Bayi Dilarang Minum Air Putih

Meskipun banyak orang tua mungkin melihat air sebagai pilihan yang sehat untuk bayi mereka, hal itu dapat menyebabkan dampak serius jika diberikan kepada bayi dalam jumlah besar. Sampai anak berusia enam bulan, beberapa ahli menyarankan bahwa mereka hanya boleh diberikan ASI atau susu formula bayi. Situs NHS menyatakan "Bayi sepenuhnya hanya boleh mengonsumsi ASI, tidak perlu air apapun sampai mereka sudah mulai makan makanan padat."

 

ASI dan susu formula mengandung banyak nutrisi penting untuk bayi, yang membantu bayi untuk tumbuh. Komponen penting dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang tidak hadir dalam air. Meskipun air akan membebaskan rasa haus pada bayi, tetapi itu tidak akan memberi mereka energi atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh.



 

"Pada orang dewasa, rasa haus dapat dikontrol, tapi pada bayi dalam kebanyakan kasus mereka akan cepat kenyang meskipun hanya minum air," ujar Katie Keratsky dari Mayo Clinic.



 

Hal serupa juga dinyatakan oleh James P. Keating, MD, pensiunan direktur medis dari St. Louis Children’s Hospital Diagnostic Center, bahwa terlalu banyak air, dapat mencairkan tingkat natrium yang normal pada bayi dan dapat menyebabkan koma, kejang, kerusakan otak, hingga kematian. Jadi, hindari pemberian air putih pada bayi Anda ya, Moms! (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: bayi,   baby,   minum,   asi,   formula,   susu,   air,   kesehatan,   pencernaan,  








Cover Januari - Februari 2020