Mother&Baby Indonesia
3 Makanan Terlarang untuk Bayi

3 Makanan Terlarang untuk Bayi

Setelah lulus ASI eksklusif, anak tentu mulai diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Sebagai orang tua, wajar kalau Anda ingin memberikan segala asupan terbaik untuknya. Namun jangan salah, Moms. Tidak semua makanan yang baik untuk Anda, bisa diberikan untuknya. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, beberapa makanan tersebut adalah:

 

1. Madu
Madu memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun IDAI tidak menyarankan untuk memberikan madu pada anak di bawah 12 bulan. Pemberian madu pada bayi ini bisa meningkatkan risiko infant botulism, yang terjadi akibat racun yang dihasilkan olej kuman Clostidium botulinum. Penyakit itu menyerang sistem saraf bayi hingga menyebabkan kelemahan otot atau hipotonia. Sebanyak 95 persen kasus infant botulism terjadi pada bayi usia 6 minggu hingga 6 bulan.



 

2. Gula dan Garam
Sebaiknya tunda dulu pemberian gula dan garam pada MPASI Si Kecil. Hal ini dikhawatirkan akan mengganggu kinerja ginjalnya yang belum sempurna. Jika Anda ingin menambahkan gula dan garam agar anak semangat makan, maka pastikan gula dan garam itu hanya sedikit saja.



 

3. Telur
Makanan yang satu ini sangat berpotensi memicu alergi, oleh karena itu sebaiknya Anda tunggu Si Kecil berusia 1 tahun untuk mencobanya. Baik putih telur atau kuning telur, sebaiknya tidak dijadikan menu MPASI pertamanya ya, Moms. (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: makanan,   bayi,   anak,   mpasi,   nutrisi,   madu,   telur,   gula,   garam,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020