Mother&Baby Indonesia
Mengasah Kecerdasan Anak

Mengasah Kecerdasan Anak

Membacakan buku cerita merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasan Si Kecil lho, Moms! Tidak hanya menceritakan buku bergambar saja, Anda juga dapat memperagakan dari buku yang Anda baca agar Si Kecil mudah memahami isi cerita.

 

Menggunakan buku Dr Seuss's Sleep Book, Dr Thomas Armstrong, pakar Multiple Intelligence juga mencontohkan 8 cara membaca buku untuk menstimulasi masing-masing kecerdasan Si Kecil. Cara-cara itu adalah word smart, number smart, picture smart, music smart, body smart, people smart, self smart, dan nature smart.



 

Contoh stimulasi music smart misalnya membaca teks buku cerita dengan cara bernyanyi. Untuk number smart, Anda bisa membacakan buku cerita yang berisi tentang angka untuk dihitung. Sedangkan mengembangkan body smart dengan memperagakan menggunakan barang sekitar saat membacakan buku cerita.

 

"Penting bagi orang tua menstimulasi 8 jenis kecerdasan anak. Kalau distimulasi, anak akan punya kesempatan mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya," kata Thomas dalam acara peluncuran Parenting Club di Jakarta.



 

BACA: Kecerdasan Anak Diturunkan dari Ibu

 

Sebagi orang tua, rasanya penting untuk melihat 8 jenis kecerdasan tersebut sejak dini, sehingga orang tua juga dapat menstimulasi kecerdasan Si Kecil lebih dini. "Stimulasi adalah kunci untuk mengembangkan otak anak secara optimal. Orang tua perlu memberikan stimulasi yang tepat sejak dini. Untuk mencapai hasil terbaik, orang tua harus membiasakan untuk memberi stimulasi setiap hari melalui kegiatan yang menyenangkan dan kreatif,” ujar Dr. Andyda Meliala, parenting educator. (Seva/TW/Dok. M&B UK)



Tags: stimulasi,   cerdas,   otak,   bayi,   balita,   toddler










Cover Mei-Juni-Juli 2020