Mother&Baby Indonesia
5 Perubahan Tubuh saat Sedang Hamil

5 Perubahan Tubuh saat Sedang Hamil

 

Kehamilan akan mengubah tubuh Anda, dari mulai payudara yang bertambah besar, hingga kaki yang membengkak. Walaupun tiap wanita akan mengalami perubahan yang berbeda-beda, ada hal yang dialami semua ibu hamil. Berikut beberapa perubahan yang akan Anda alami.

 



1. Ukuran Payudara

Mulai dari usia kandungan 7-8 minggu, hormon-hormon kehamilan akan membuat payudara Anda membesar dan menjadi lebih sensitif. Namun cukup banyak wanita hamil yang mengatakan perubahan ini cukup mengganggu, sehingga pemakaian bra tanpa kawat saat usia kandungan Anda 20 minggu tentu dapat membuat Anda lebih nyaman. Dikutip dari Babycenter.com, ukuran payudara Anda akan terus membesar selama kehamilan, terutama jika Anda tengah hamil anak pertama. Biasanya, membesarnya ukuran payudara Anda ini akan terasa sedikit gatal karena terjadi peregangan kulit. FYI, ukuran cup Anda umumnya akan naik 1 tingkat!

 

2. Stretchmarks

Sebanyak 80 persen ibu hamil memiliki strecthmark, walaupun tingkatannya berbeda-beda. Strechmark muncul karena kulit yang meregang dan membuat lapisan di bawah epidermis robek. “Walaupun tidak semua ibu hamil memiliki strecthmark, tapi hal itu tidak bisa dicegah. Anda hanya bisa mengurangi lamanya strecthmark itu bertahan dengan tetap dalam keadaan hidrasi dan konsumsi banyak lemak baik,” jelas Denyse Kirby, penulis buku My Mini Midwife.

 

3. Perut



Walau perut semua wanita hamil pasti membesar, namun bentuk dan ukuran perutnya tidak selalu sama. “Bentuknya juga berubah mengikuti posisi janin,” ujar Denyse. Besar kecilnya ukuran perut jarang memiliki korelasi dengan ukuran janin. Jadi jika ukuran perut seorang bumil besar, bukan berarti janin di dalamnya juga pasti besar. Namun, jika ukuran perut Anda terlalu kecil atau terlalu besar, akan ada pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kesehatan janin.

 

4. Kulit

Saat hamil, beberapa wanita merasa kulitnya lebih cerah dan berkilau. Sayangnya, tidak semua ibu hamil mengalami pregnancy glow itu. Pada beberapa wanita lain, perubahan hormon dan tambahan darah dalam tubuh bisa menimbulkan bintik-bintik dan jerawat. “Biasanya kulit Anda akan kembali normal setelah melahirkan,” jelas Denyse. Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan antibiotik untuk kulit atau perawatan lainnya, lebih baik Anda konsultasi dengan dokter kandungan Anda tentang kelanjutan perawatan itu.

 

5. Kaki Bengkak

Jika kaki Anda membengkak, itu adalah tanda Anda mengalami edema, kondisi di mana Anda kelebihan cairan dan itu menumpuk di jaringan. Ini adalah hal normal saat hamil karena tubuh Anda memang menyimpan lebih banyak cairan. Perubahan dalam profil kimia darah juga berkontribusi dalam penumpukan cairan tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, Moms! Cairan itu akan keluar lewat urine secara bertahap setelah proses persalinan. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: hamil,   ibu_hamil,   info








Cover Maret 2020