Mother&Baby Indonesia
Tips Alami untuk Meredakan Keluhan Kehamilan

Tips Alami untuk Meredakan Keluhan Kehamilan

Beberapa keluhan seperti mual, sakit kepala, bahkan insomnia, sering dialami oleh para ibu hamil. Namun jangan khawatir dulu, Moms, keluhan-keluhan itu normal terjadi. Untuk meredakannya, Anda tidak perlu mengonsumsi obat-obatan yang bisa saja berdampak pada kesehatan janin. Ada lho pengobatan alami untuk meringankan gejala tersebut. Untuk itu, yuk simak trik alami untuk meredakan tiap keluhan bumil.

 

Mual
Hampir semua ibu hamil akan mengalami mual di awal kehamilannya. “Yang paling penting dilakukan ibu hamil saat mereka merasa mual adalah, makan sedikit namun sering. Saya ingin menekankan bahwa wanita tidak menyadari makan makanan pedas akan memicu rasa mual,” ujar Dr. Diana Ramos, M.D National Preconception Health and Health Care Initiative, yang dikutip melalui Fitpregnancy.com. Hal lain yang dapat dilakukan ibu hamila dalah meminum teh jahe untuk mengatasi rasa mual.



 

Sakit Kepala
Ibu hamil sering mengalami sakit kepala mendadak, terkadang kurang minum menjadi salah satu pemicunya. “Memastikan wanita hamil minum yang cukup dan makan makanan yang mengandung banyak air juga dapat membantu,” ujar Dr. Diana Ramos. Ternyata sakit kepala ynag dialami oleh ibu hamil penyebabnya banyak, salah satunya adalah kurang tidur. “Banyak sekali perempuan mengerti pemicunya, yaitu diet, dan kurang tidur juga dapat memicu migrain atau sakit kepala,” ujarnya. Ia juga menyarankan Anda untuk akupunktur untuk mengatasi sakit kepala. Bila perlu, konsultasikan kepada dokter.

 



Heartburn
Heartburn merupakan kondisi dimana ibu hamil merasakan rasa panas di bagian ulu hati atau bisa pula pada bagian dada. Anda dapat menghindari heartburn dengan cara tidak makan makanan pedas, dan mulai makan porsi sedikit namun sering. Mengunyah permen karet tanpa rasa juga dapat membantu Anda mengatasi heartburn yang terkadang timbul pada trimester ketiga.

 

Sakit Punggung
Beban perut yang kian membesar membuat Anda merasakan sakit punggung. Ada beberapa cara untuk meringankan sakit punggung yang Anda derita, salah satunya adalah menggunakan penyangga punggung. “Ada beberapa penyangga perut yang juga dapat menjaga punggung Anda tetap tegak. Sering melakukan latihan peregangan bahkan prenatal yoga dapat membantu Anda meringankan sakit punggung. Hindari duduk sepanjang hari dan utamakan untuk berjalan-jalan ringan untuk meredakannya,” ujar  Dr. Diana Ramos.

 

Insomnia
Menyesuaikan posisi tidur dengan kondisi perut yang kian besar akan membuat Anda mengalami insomnia. Tidak jarang, Anda memilih untuk tidur di sofa dengan berbagai macam bantal untuk menopang perut Anda. Dr. Diana Ramos menyarankan Anda untuk meminum teh chamomile dan menghindari kafein agar tidur Anda pulas. Hindari menatap layar TV atau smartphone yang dapat membuat Anda semakin terjaga saat malam. (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: hamil,   pregnant,   tips_hamil,   kandungan,   kesehatan,   janin,   yoga,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020