Mother&Baby Indonesia
Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi?

Walau makanan khas Jepang ini memang sangat menggoda, namun hingga Si Kecil lahir, sushi, sashimi, dan makanan apapun yang tidak dimasak dengan sempurna harus menjadi musuh besar Anda. Heidy Murkoff, penulis What to Expect When You’re Expecting, larangan itu juga termasuk semua jenis tiram, kerang, dan semua ikan yang dihidangkan mentah atau setengah matang.

 

Kenapa ya ibu hamil tidak boleh makan makanan mentah atau setengah matang? Semua itu berkaitan dengan bakteri listeria yang membuat Anda bisa terkena listeriosis. Penyakit ini sangat berbahaya bagi janin Anda, bahkan bisa berakhir dengan kelahiran prematur dan bahkan kematian janin! Duh, daripada harus menjalani kehamilan dengan risiko berbahaya ini, lebih baik hindari saja penyebabnya ya, Moms.



 

Walau begitu, bukan berarti Anda tidak boleh makan malam romantis bersama pasangan di restoran Jepang, karena masih banyak makanan khas Jepang yang aman untuk ibu hamil, seperti ramen dan makanan serba matang lainnya.

 



Namun bicara soal ramen, rasanya kurang pas ya kalau menikmatinya tanpa rasa pedas yang mengguggah selera. Nah, untuk bumil yang hobi makan pedas, Murkoff tidak melarang Anda makan pedas, kok. Asalkan Anda tahan atau mampu menahan nyeri ulu hati dan rasa mulas yang biasanya muncul setelah mengonsumsi makanan pedas.

 

“Makanan pedas tidak berisiko bagi wanita hamil, bahkan karena semua jenis cabai (termasuk yang sangat pedas) mengandung vitamin C, banyak di antara makanan ini dapat menjadi gizi tambahan,” ujar Heidy Murkoff. (Tiffany/Dok. Pixabay)



Tags: sushi,   sashimi,   hamil,   kandungan,   janin,   listeriosis,   kesehatan,   janin,  








Cover Maret 2020