Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Diabetes saat Hamil (Bagian 2)

Mengatasi Diabetes saat Hamil (Bagian 2)

Moms, mengalami diabetes saat hamil tentu tidak hanya berbahaya bagi ibu, namun juga bagi kesehatan bayi dalam kandungan Anda. Gangguan kehamilan yang sering disebut diabetes gestasional ini bahkan bisa berakhir dengan keguguran! Untuk itu, ayo atasi diabetes saat hamil dengan beberapa langkah ini:

 

6. Mengontrol Makan
Sayur dan buah memang sangat diperlukan selama Anda hamil. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa buah yang mengandung gula yang dapat menaikan kadar gula darah. Sebaiknya selektif memilih sayur dan buah ya, Moms!



 

Baca juga: Mengatasi Diabetes saat Hamil (Bagian 1)

 

7. Minum
Selalu perhatikan asupan air dalam tubuh Anda agar terhindar dari dehidrasi. Pastikan Anda untuk menghindari jus dengan banyak gula, soda, serta minuman yang mengandung pemanis buatan.

 

"Hindari atau ganti minuman tidak sehat dengan sesuatu yang tidak memiliki kalori dan tidak mengandung karbohidrat karena itu akan menjadi sumber pertama menaikkan gula darah," kata Dr Lois Jovanovic, seorang profesor endokrinologi dan klinis kedokteran di Keck School of Medicine dari Universitas Southern California di Los Angeles.



 

8. Dessert
Tidak ada salahnya Anda menikmati biskuit atau apple pie. Namun Anda harus mulai membatasi mengonsumsi makanan tersebut.

 

9. Memantau
Penelitian menunjukkan 35-60 persen dari wanita penderita diabetes gestasional akan mengembangkan diabetes tipe 2 dalam waktu 5 sampai 10 tahun. Sebaiknya, Anda harus selalu memantau kesehatan secara berkala, serta konsultasikan dengan dokter.

 

10. Dukungan
Sangat penting Anda memiliki dukungan selain dari keluarga dan pasangan. Ahli gizi dan ahli diet juga diperlukan agar Anda dapat konsultasi masalah kesehatan Anda. (Seva/TW/Dok. M&B)
 



Tags: diabetes,   gestasi,   kehamilan,   kandungan,   pregnancy,   janin,   ibu,   kesehatan,   gula_darah,  








Cover Januari - Februari 2020