Mother&Baby Indonesia
Mengatasi Diabetes saat Hamil (Bagian 1)

Mengatasi Diabetes saat Hamil (Bagian 1)

Wanita dengan riwayat diabetes sebelum hamil, memiliki risiko lebih tinggi untuk komplikasi, termasuk keguguran dan cacat lahir. Saat kehamilan berlanjut, wanita dengan diabetes memiliki risiko tekanan darah tinggi, preeklamsia, hingga bayi lahir prematur.

 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), terdapat 9,2 persen wanita menderita diabetes gestational. Untuk itu, diperlukan tindakan untuk mengatasi diabetes selama hamil, yaitu:



 

1. Konsultasikan dengan Dokter
Jika Anda memiliki diabetes dan berencana untuk hamil, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan. Anda juga dapat meminta dokter untuk melakukan tes fungsi ginjal, tes tiroid, dan pemeriksaan mata.

 

Menurut Dr Lois Jovanovic, seorang profesor endokrinologi dan klinis kedokteran di Keck School of Medicine dari Universitas Southern California di Los Angeles, keadaan dapat bertambah buruk bila tidak konsultasi dengan dokter.

 

Baca: Mengatasi Diabetes saat Hamil (Bagian 2)

 

2. Makanan Bergizi
Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda akan memiliki kehamilan yang sehat adalah makan makanan yang bergizi seimbang. Atur pola makan Anda dengan menghindari gula berlebih, makanan yang memiliki bahan pengawet, makanan olahan, dan lemak jenuh.



 

3. Olahraga
Menurut Marina Chaparro, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics (AND) mengatakan bahwa olahraga membantu Anda meningkatkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik, mengontrol glukosa darah, dan membantu Anda mengendalikan berat badan Anda selama dan setelah kehamilan.

 

Baca: Diabetes saat Hamil

 

4. Karbohidrat
Menurut Marina Chaparro, karbohidrat berlebih dapat meningkatkan gula dalam darah. Mengontrol karbohidrat sangat penting bagi penderita diabetes tipe 1.

 

5. Sayuran
Sayuran mengandung fitonutrien dan serat, sehingga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah kelebihan berat badan. Kandungan rendah kalori dan rendah karbohidrat akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan mempengaruhi gula darah. (Seva/TW/Dok. M&B)

 



Tags: diabetes,   hamil,   pregnancy,   kandungan,   kesehatan,   bayi,   janin,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020