Mother&Baby Indonesia
Mitos Seputar Makanan Ibu Hamil

Mitos Seputar Makanan Ibu Hamil

Anda mungkin sering mendengar mitos tentang aturan makan ibu hamil. Anehnya, mitos-mitos itu terkadang sering tidak masuk akal, apalagi kalau sudah berkaitan dengan dampaknya bagi janin. Untuk itu, Dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG, M.Kes, menepis mitos-mitos tersebut pada bukunya Panduan Super Lengkap Hamil Sehat. Yuk, simak penjelasannya.

 

Mitos: Minum Air Kelapa agar Kulit Bayi Putih Bersih
Faktanya, belum ada penelitian tentang ini. Namun, air kelapa memang berkhasiat untuk menjadikan air ketuban putih dan bersih. Jadi minum kelapa hijau tidak membuat kulit bayi Anda putih bersih, tetapi hanya lebih bersih dari lendir saat lahir saja.



 

Mitos: Makan Garam Menyebabkan Kaki Bengkak
Garam tidak menyebabkan kaki bengkak. Namun pada kehamilan dengan tekanan darah tinggi, mengonsumsi garam berlebih memang bisa membuat tekanan darah Anda semakin tinggi. Hal itu tentu saja berbahaya bagi kehamilan. Namun tidak ada salahnya mewaspadai kaki bengkak saat hamil, karena penyebabnya adalah aliran darah di pembuluh darah balik yang kurang lancar. Atasi dengan cara ini ya, Moms!

 



Baca: Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

 

Mitos: Makan Ikan Mentah, Bayi Jadi Bau Amis
Bayi yang baru saja dilahirkan dan belum dibersihkan memang sedikit berbau amis, namun hal itu wajar, dan tidak ada kaitannya dengan makan ikan. Bau itu datang dari air ketuban yang memiliki bau khas. Namun walau tidak ada kaitannya, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi ikan mentah sama sekali karena sangat berbahaya bagi kesehatan kandungan. (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: kehamilan,   kandungan,   mitos,   makanan,  








Cover Januari - Februari 2020