Mother&Baby Indonesia
Ketika Ibu Hamil Anemia

Ketika Ibu Hamil Anemia

Moms, tahukah Anda bahwa ibu hamil yang menderita anemia dapat menyebabkan bayi lahir dengan kondisi yang sama? Selain itu, anemia juga dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah.

 

Menurut data Riset Dasar Kesehatan (Riskesdas) 2013, 37,1 persen ibu hamil di Indonesia mengalami anemia. “Oleh karena itu, pemerintah mengadakan program agar seluruh ibu hamil mengonsumsi tablet penambah darah setiap hari sampai masa nifas untuk mencegah anemia pada ibu hamil,” ujar Dr. Yustina Anie Indriastuti, Msc, SpGK, wakil ketua Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), pada sesi edukatif dengan judul “Sehat Tanpa Anemia untuk Indonesia yang Lebih Produktif” hari Minggu (29/10) di Jakarta.



 

Dr. Yustina juga menambahkan bahwa ibu hamil diharapkan melakukan tes darah rutin setiap bulan untuk melihat kondisi Hb darah. “Jika Hb naik setelah mengonsumsi tablet penambah darah setiap hari, berarti ibu hamil memang kekurangan zat besi. Namun jika tidak ada perubahan, bisa jadi ada penyebab lain yang harus dikonsultasikan dengan dokter,” ujar Dr. Yustina.



 

Tidak hanya dengan tablet penambah darah, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi protein hewani seperti hati, daging, dan ikan. Pastikan juga Anda mengonsumsi Vitamin C yang cukup agar proses penyerapan zat besi lebih lancar. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)

 



Tags: hamil,   ibu_hamil,   info,   anemia,   bumil