Mother&Baby Indonesia
Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Pentingnya menjaga kesehatan, tidak hanya gaya hidup saja yang harus diperhatikan, tetapi Anda juga memerlukan asuransi kesehatan yang tepat bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada Anda. Apakah Anda sudah memiliki asuransi kesehatan? Jika belum, simak tips memilih asuransi kesehatan yang dikutip melalui Qmfinancial.com:


1. Menggali Informasi
Anda harus mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai asuransi yang ada di Indonesia. Ada baiknya Anda dapat bertanya kepada kerabat atau saudara mengenai kelebihan dan kekurangan asuransi kesehatan setiap perusahaan asuransi.

 

Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal, seperti kualitas pelayanan pada saat menangani proses klaim, perusahaan asuransi tersebut memiliki kerjasama dengan rumah sakit dengan jaringan luas di seluruh Indonesia atau tidak, sistem penggantian klaim, cashless atau reimbursement. Dalam sistem penggantian, biasanya sistem cashless lebih praktis karena Anda tidak perlu mempersiapkan sejumlah uang untuk biaya pengobatan.

 

2. Menentukan Perusahaan Asuransi
Setelah mencari tahu mengenai asuansi kesehatan, Anda mulai memilih beberapa perusahaan asuransi yang cocok bagi Anda dan keluarga.

 

3. Bertemu dengan Agen Asuransi
Setelah mengumpulkan beberapa perusahaan asuransi, saatnya Anda bertemu dengan agen asuransi tersebut. Gali informasi sebanyak-banyaknya sehingga Anda tidak hilang arah mengenai asuransi tersebut. Siapkan diri dengan banyak pertanyaan, mulai dari daftar penyakit apa yang bisa di-cover, harga layanan kamar inap, harga rawat jalan, hingga berapa uang yang akan diterima ahli waris jika pemilik asuransi tersebut meninggal dunia.

 

4. Seleksi
Proses seleksi harus Anda lakukan setelah mengetahui informasi beberapa perusahaan asuransi yang ada dalam list Anda. Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal:
- Premi yang dibayarnya setiap tahun, semester atau tiap bulan harus sesuai dengan fasilitas yang Anda dapatkan. Pilih juga premi yang sesuai dengan kemampuan Anda.
- Pilih perusahaan asuransi yang masa tunggunya singkat, sehingga Anda tidak terlalu lama menunggu untuk menggunakan asuransi tersebut.
- Pelajari klausul yang diberikan oleh agen asuransi, baca secara terperinci agar Anda benar-benar mengerti asuransi yang Anda ambils saat itu. (Seva/TW/Dok. M&B)

 



Tags: asuransi,   kesehatan,   asuransi_kesehatan