Mother&Baby Indonesia
Hindari Memarahi Anak!

Hindari Memarahi Anak!

Jika Si Kecil mulai melakukan sesuatu yang tidak Anda suka, terkadang Anda langsung memarahinya. Misalnya, Si Kecil merusak tanaman yang sudah Anda tanam dengan susah payah, dan Anda langsung memarahinya dan menghukumnya. Padahal, memarahi atau menghukum Si Kecil bukan cara yang tepat dan efektif untuk membuat Si Kecil jera lho, Moms.

 

“Menggunakan ruang isolasi, rasa takut, dan hukuman tidak ada fungsinya dalam mengasuh anak, “ ujar psikoterapis Lisa M. Barefoot Barn, yang dikutip melalui Popsugar.com. Lisa menyarankan para orang tua untuk melakukan pendekatan yang lebih baik. Orang tua juga dapat memberikan ruang untuk mereka mengungkapkan rasa penyesalannya.

 

Ketika Si Kecil mulai keras kepala, Anda jangan langsung emosi, berikan pemahaman bahwa apa yang ia lakukan adalah perbuatan yang tidak baik. Jangan lupa untuk ajak Si Kecil berdiskusi, tanyakan mengapa ia melakukan hal tersebut. Misalnya tanyakan mengapa Si Kecil merusak tanaman yang sudah Anda tanam, dan diskusikan bahwa Si Kecil boleh bermain di taman asalkan tidak merusak tanaman Anda. (Seva/TW/Dok. PopSugar)



Tags: anak,   toddler,   marah,   emosi,   sikap,   solusi,   orangtua,  








Cover Januari - Februari 2020