Mother&Baby Indonesia
Kapan Anak Belajar Makan Sendiri?

Kapan Anak Belajar Makan Sendiri?

 

Moms, pernahkah Anda membiarkan anak makan sendiri? Kemungkinan besar yang muncul adalah berantakan, baik Si Kecil, makanannya, dan ruang makan Anda. Oleh karena itu, tidak heran banyak ibu yang memilih menyuapi anaknya, agar lebih cepat dan lebih mudah. Beberapa juga menggunakan bantuan gadget dan televisi agar anak bisa tenang.

 



Baca juga: Menyuapi Anak Ditemani Gadget? Ini Dampaknya!

 

Menurut psikolog anak Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., proses belajar makan itu ternyata dibutuhkan oleh anak. “Ketika anak makan, ia belajar memegang sendok dan garpu, itu akan menstimulasi motorik halus dan motorik kasarnya. Awalnya ia akan membuat makanan, tapi lama–lama anak akan belajar menggunakan sendok dan memasukkan ke mulut. Koordinasi motorik yang baik akan berpengaruh terhadap kecerdasan secara umum,” jelas Anna saat ditemui pada acara Piknik Sehat bersama SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur, Minggu (13/11)

 



Saat belajar makan, anak juga belajar berkonsentrasi dan ketekunan. Dengan menyuapinya, bahkan membiarkannya makan sambil menonton televisi, konsentrasi Si Kecil akan terbelah. Ia pun kehilangan kesempatan untuk melatih ketekunannya.

 

Anna menyarankan sebaiknya anak mulai diajari makan sejak ia bisa duduk. “Disarankan anak duduk dengan makanan di depannya. Biarkan anak mencoba memakannya,” jelas Anna. Jika khawatir anak tidak cukup makan, Anda dapat duduk di sebelahnya sambil tetap menyuapi Si Kecil.

 

Menurut Anna, jika anak melakukan kebiasaan itu sebelum 1 tahun, pada usia 1 tahun ia akan mulai lancar makan sendiri dan sudah bisa tidak disuapi pada usia 2 tahun. Kuncinya tentu konsisten ya, Moms! (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   anak,   makan_sendiri,   belajar_makan,   info,   tips








Cover Januari - Februari 2020