Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Anak Berpikir Positif

Pentingnya Anak Berpikir Positif


Moms, pernahkah Anda mendengar tentang SET atau social and emotional thinking? SET adalah salah satu program yang fokus pada keseimbangan emosi dan sosial anak. Dengan memiliki emosi yang baik, diharapkan anak dapat lebih berprestasi di sekolah.

 

Emosi yang diharapkan misalnya percaya diri, mampu mengekspresikan dirinya, berani berbicara membela dirinya, dan masih banyak lagi, jelas Linzi Band, guru di Australian Independent School (AIS), pada Rabu (9/11) di Jakarta.



 

Linzi menambahkan pentingnya bagi anak untuk selalu berpikir positif dalam setiap aspek, yang akan membuat emosi anak lebih sehat. “Daripada berpikir, 'kenapa aku tidak bisa sepintar temanku,' lebih baik anak berpikir, 'saya akan mencari tahu kenapa dia pintar dan mencoba strateginya,'” ujar Linzi.

 

Anak-anak sebaiknya dilatih untuk selalu berpikir positif sejak kecil. Sebagai orang tua, Anda dapat membantunya dengan membangun hubungan orang tua dan anak yang jujur dan terbuka. “Sempatkan untuk makan malam bersama keluarga,” tegas Linzi.



 

Pada sesi makan itu, Anda dapat menanyakan tentang harinya dan teman-temannya, tentu dengan pertanyaan yang positif. Misalnya dengan menanyakan hal menarik yang terjadi di hari Si Kecil atau alasan kenapa dia suka bermain dengan sahabatnya. “Coba untuk lebih banyak mendengarkan,” ujar Linzi.

 

“Jika siswa memiliki emosional yang sehat dan memiliki hubungan intrapersonal yang positif di sekolah, maka sisawa akan lebih siap dalam kegiatan akademik dan mendapatkan hasil yang baik,” ujar Brenton Hall, Principal AIS Indonesia. (Nadia/TW/Dok. M&B UK)



Tags: balita,   anak,   positif,   emosi,   sosial,   kecerdasan,  








Cover Januari - Februari 2020