Mother&Baby Indonesia
Hindari 5 Hal Ini saat Menemani Anak Bermain

Hindari 5 Hal Ini saat Menemani Anak Bermain

Bermain adalah hal yang sangat disukai anak-anak. Dengan bermain, mereka mampu belajar mengenai banyak hal. Ada baiknya jika Anda selalu mendampingi mereka ketika bermain, dan memberikan contoh yang baik padanya ketika sedang bermain. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika menemani Si Kecil bermain. Apa sajakah itu?

 

1. Terlalu Khawatir



Memang sulit untuk tidak khawatir jika melihat Si Kecil berlari kencang atau loncat ke sana ke mari. Namun janganlah tunjukkan sikap khawatir tersebut dengan membatasi aktivitas bermainnya, Moms.

 

2. Menekankan Aturan

Janganlah Anda terlalu menekankan aturan, kebersihan, lalu mengawasi setiap gerak-gerik Si Kecil ketika bermain. Hal ini akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

 

3. Terlalu Menuntut



Terkadang orang tua merasa selalu benar dan anak harus mengikuti mereka, meski sedang bermain. Lebih baik Anda biarkan saja ia memilih apa yang ingin dimainkan, jangan menuntut ia sebaiknya main ini atau itu. Yang penting, Anda harus terus memantau Si Kecil ketika bermain.

 

4. Melarang Berkhayal

Tanpa sadar, Anda sering melarang Si Kecil berkhayal dengan mengucapkan kata-kata seperti "Manusia kan tidak bisa terbang" atau "Jangan seperti itu, dong!" Padahal, berkhayal adalah hal yang wajar bagi anak-anak. Tanggapi khayalannya dengan penuh dukungan dan biarkan anak berimajinasi untuk menstimulasi otaknya.

 

5. Cuek

Karena merasa bermain adalah hal yang sudah biasa, Anda jadi cuek dan jarang memberi pujian. Atau lebih parahnya lagi, Anda justru fokus pada gadget Anda saja. Padahal, bermain adalah momen di mana Anda dapat menjalin bonding yang lebih kuat dengan Si Kecil. Berikan pujian ketika mereka berhasil menyelesaikan puzzle, atau berikan ciuman dan pelukan ketika Si Kecil mulai berani bermain sepeda roda tiga di halaman rumah. Percayalah hal ini sangat berarti untuk mereka, Moms! (Lydia Natasha/TW/Dok. M&B UK)



Tags: bermain,   permainan,   orangtua,   orangtua_anak,   anak_bermain,   permainan_anak,   saat_anak_bermain,   menema








Cover Januari - Februari 2020