Mother&Baby Indonesia
5 Cara Ajarkan Si Kecil Disiplin

5 Cara Ajarkan Si Kecil Disiplin

Semua orang tua tentu ingin anaknya tumbuh menjadi sosok yang disiplin. Maka sejak dini nilai-nilai kedisiplinan mulai ditanamkan. Belajar disiplin bisa dimulai dari hal sederhana, seperti merapikan mainan setelah bermain, membuang sampah pada tempatnya, bahkan tidak melempar makanan saat makan. Jika Anda bingung dengan cara yang tepat untuk mengajarkan anak disiplin, simak beberapa cara berikut ini, yuk:

 

1. Beri Pujian
Ketika si Kecil mulai belajar untuk merapikan mainannya usai bermain, berilah ia pujian. Dengan begitu si Kecil akan merasa usahanya lebih dihargai.




2. Peraturan yang Mudah Dimengerti
Berikan beberapa peraturan yang jelas, agar Anda dapat langsung mengingatkannya bila si Kecil mulai melakukan kesalahan.

 

3. Konsisten

Melihat Si Kecil perlahan mulai disiplin tentu membuat Anda bahagia, namun jangan berpuas diri dulu, karena tugas berikutnya adalah memertahankan kedisiplinan tersebut. Jika dia menonton TV melebihi waktu tidurnya, maka jangan ragu untuk memintanya segera tidur.



 

4. Berikan Pilihan
Saat Si Kecil hendak bepergian, berikan pilihan seperti membawa mainan atau camilan selama perjalanan. Claire Lerner, direktur dari organisasi Zero to Three mengatakan, memberikan pilihan si Kecil akan membuatnya merasa dihargai dan bertanggung jawab dengan apa yang Si Kecil bawa.

 

5. Tenangkan Diri Anda
Rasanya sulit ketika dihadapkan pada situasi si Kecil yang bersikeras ingin bermain sepeda, padahal diluar sedang hujan deras. Cobalah tenangkan diri Anda dan katakan bahwa bermain sepeda bisa di lain waktu, dan beri tahu konsekuensinya kalau hujan juga dapat membuatnya sakit. Dengan begitu, Anda sebagai orang tua tidak akan terkesan ingin menang sendiri dan Si Kecil akan merasa lebih dimengerti. (Seva/TW/Dok. M&B)



Tags: disiplin_anak,   belajar_disiplin,   disiplin_anak








Cover Januari - Februari 2020