Mother&Baby Indonesia
Jika Puting Terasa Nyeri

Jika Puting Terasa Nyeri

Agar tumbuh kembang Si Kecil optimal, maka setiap ibu pasti ingin memberikan ASI eksklusif. Namun hal itu tentu memiliki beberapa tantangan tersendiri, salah satunya nyeri puting. Namun jangan menyerah, Moms, karena hal ini wajar terjadi. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda juga bisa mencegahnya, sehingga pemberian ASI untuk Si Kecil terasa semakin mudah dan menyenangkan.

 

Penyebab
Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, keadaan nyeri atau lecet pada puting ini biasanya terjadi karena posisi bayi salah saat menyusui. Seperti dikutip dari Idai.or.id, bayi hanya menghisap pada puting karena aerola sebagian besar tidak masuk ke dalam mulut bayi. Hal ini juga dapat terjadi pada akhir menyusui bila melepaskan hisapan bayi tidak benar. Selain itu, nyeri atau lecet pada puting juga bisa terjadi jika Anda sering membersihkannya dengan alkohol atau sabun.



 

Pencegahan
Moms, sangat penting untuk mencegah terjadi nyeri putting, karena jika terjadi maka menyusui Si Kecil akan terasa nyeri, pengosongan payudara akan terganggu, hingga produksi ASI bisa berkurang. Oleh karena itu, Anda perlu mencegahnya dengan mengetahu dan mempraktikkan posisi menyusui yang benar. Anda juga perlu mengetahui cara yang tepat untuk melepaskan bayi dari payudara. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk tidak membersihkan puting menggunakan sabun dan alkohol.

 



Pengobatan
Untuk mengatasi nyeri puting, Anda bisa mengolesinya dengan krim khusus puting. Kandungan dalam krim dapat merawat bagian kulit yang rusak. Anda juga dapat mengoleskan pereda alami, seperti minyak zaitun organik atau minyak almond. Atau jika Anda mau yang alami dan mudah didapat, oleskan saja ASI Anda sendiri pada puting yang sedang nyeri. Kandungan ASI kaya akan bahan antibakteri yang dapat melindungi tekstur kulit puting Anda.

 

Selain itu, IDAI juga menyarankan agar Anda memerbaiki posisi menyusui. Teknik pelekatan yang tepat dapat mengurangi nyeri pada puting lho, Moms! Dekatkan bayi Anda ke payudara,  atur posisi hingga hidung bayi setinggi putting. Kemudian begitu mulut bayi terbuka lebar, bawa mulutnya menuju payudara Anda dengan gerakan cepat. Setelah Si Kecil berhasil meraup puting Anda, beri tekanan pada punggung bagian atasnya. (Tiffany/Dok. M&B UK)



Tags: menyusui,   breastfeeding,   nyeri,   lecet,   bayi,   asi,   anak,   ibu_baru,  








Cover Januari - Februari 2020