Mother&Baby Indonesia
4 Tipe Pegawai dan Cara Memotivasinya

4 Tipe Pegawai dan Cara Memotivasinya

Sebagai wanita sukses, baik dalam karier mau pun keluarga, pasti Moms akan bertemu dengan beragam karakter. Terlebih bila Moms telah memiliki jabatan tinggi di suatu perusahaan atau pun usaha sendiri, tuntutan akan semakin tinggi. Pegawai yang berasal dari berbagai latar belakang, membutuhkan pendekatan tersendiri untuk memunculkan performa terbaiknya.

 

Atasan yang baik akan mengerti pentingnya memahami dan mengetahui cara memotivasi pegawai dengan tepat. Jika Moms berpikir satu-satunya cara memotivasi staf adalah dengan uang, maka hal itu tidak sepenuhnya tepat. Berdasarkan penelitian, sukses dan bahagia juga ditentukan oleh pendekatan yang dilakukan oleh motivator. Agar kinerja pegawai semakin baik, perhatikan 4 cara memotivasi pegawai sesuai dengan karakternya berikut ini.



 

1.Sang Bertahan
Pegawai dengan tipe ini menyukai stabilitas, serta jadwal dan tugas yang jelas. Tingkatkan motivasinya dengan komunikasi yang intens. Berikan informasi yang jelas terkait dengan perkembangan perusahaan. Katakan yang Anda harapkan dari mereka secara tertulis dan berikan dukungan selama proses pencapaian target. Jangan lupa untuk mengapresiasi loyalitasnya dengan memberikan apresiasi untuk setiap target yang dicapai.




2. Seorang Teman
Rasa memiliki, persahabatan, dan relasi yang baik adalah hal yang paling penting bagi tipe pegawai ini. Tipe seperti ini merasa sangat termotivasi ketika diberikan dukungan dan dilibatkan dalam berbagai hal. Tanyakan pendapatnya mengenai program atau rencana bisinis yang akan dilakukan untuk memunculkan sisi terbaiknya.


3. Sang Bintang
Tipe ini sangat termotivasi dengan adanya pengakuan dan penghargaan. Ciri-cirinya, ia sangat tertarik dengan jabatan dan kesempatan untuk selalu terlihat menonjol. Motivasi tipe ini dengan memberikan penghargaan dan melibatkannya dalam berbagai project. Orang seperti ini sangat senang bila pencapaiannya dipublikasikan.


4. Sang Pengatur
Kekuatan, pengaruh, dan mengontrol orang lain adalah hal yang paling disukainya. Tipe seperti ini terlihat sangat suka terlibat dalam berbagai kegiatan yang membuatnya bertanggung jawab dengan banyak orang. Berikan ia tugas yang merefleksikan kekuatan untuk meningkatkan motivasinya. (Claudia Carla/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: 4_tipe_pegawai_dan_cara_memotivasinya








Cover Januari - Februari 2020