Mother&Baby Indonesia
5 Makanan untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

5 Makanan untuk Meningkatkan Kekuatan Otak

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengoptimalkan fokus dan meningkatkan konsentrasi, memori, bahkan kecerdasan saat bekerja. Tidak perlu mengonsumsi suplemen mahal yang ada di toko obat ataupun pergi ke dokter spesialis untuk meningkatkan kinerja otak, Cassandra Barns, ahli gizi dari London, mengungkapkan enam makanan terbaik untuk meningkatkan kekuatan otak Anda.

 

1. Salmon
Peneliti dari Swiss telah menyarankan bahwa memiliki banyak pasokan DHA mendukung pembelajaran dan memori, serta IQ. Salmon memiliki asam lemak omega-3 yang disebut DHA tinggi sehingga Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan ini. Salmon juga mengandung vitamin B termasuk B12, yang sangat penting untuk kesehatan saraf dan sel-sel otak. Sementara itu, ikan ini juga memiliki protein yang tinggi sehingga dapat menjadikannya sebagai bahan baku membuat neurotransmitter dan bahan kimia otak lainnya.



 

Baca: Sajian Salmon Lezat dan Sehat

 

2. Telur
Telur merupakan salah satu makanan bagi otak Anda. Kuning telur kaya akan  kolin, zat mirip vitamin yang dibutuhkan untuk selubung myelin yang mengelilingi serabut saraf, termasuk di otak. Kolin juga dapat digunakan untuk membuat neurotransmitter asetilkolin, yang penting untuk meningkatkan memori Anda. Telur juga merupakan sumber yang baik dari vitamin B dan zat besi, yang mendukung sistem saraf dan fungsi kognitif. Jadikan telur sebagai menu sarapan Anda.

 

3. Rumput Laut
Salah satu makanan yang sering dijumpai di Jepang ini dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Yodium yang terkandung di dalamnya, memainkan peran penting dalam kesehatan sistem saraf dan otak dan, seperti seng, mendukung fungsi kognitif.



 

4. Dark Chocolate
Anda suka cokelat? Ini kabar baik untuk Anda, karena dark cokelat memiliki efek antioksidan yang kuat, termasuk untuk otak. Bahkan telah diteliti untuk potensi mereka untuk melindungi terhadap penyakit Alzheimer. “Sebaiknya hindari cokelat yang mengandung gula untuk hasil yang lebih baik,” ujar Cassandra Barns.

 

Baca: Manfaat Konsumsi Cokelat

 

5. Blueberry
Penelitian menunjukkan bahwa makan blueberry mungkin sangat bermanfaat bagi otak Anda juga, terutama mendukung kesehatan otak di usia tua. Para ahli percaya, blueberry dapat membantu untuk melindungi terhadap stres, dan peradangan yang dapat berkontribusi terhadap kerusakan otak. (Seva/TW/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: stimulasi,   cerdas,   otak,   dewasa








Cover Januari - Februari 2020