Mother&Baby Indonesia
Yuk, Tumbuhkan Minat Baca pada Anak

Yuk, Tumbuhkan Minat Baca pada Anak

Untuk meningkatkan minat baca anak-anak, segala upaya memang harus dilakukan ya, Moms. Orang tua perlu lebih kreatif agar Si Kecil tumbuh menjadi sosok yang gemar membaca dan cinta seni budaya Indonesia. Oleh karena itu, biMBA AIUEO mengadakan Gebyar biMBA AIUEO 2016, sebuah acara pameran buku dan festival seni budaya, yang sudah dilaksanakan sebanyak 3 kali.

 

“Kami berharap lewat acara ini, seluruh masyarakat dapat lebih peduli untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Dengan begitu, generasi penerus kita akan memiliki wawasan yang lebih luas dan tentunya lebih cinta dengan seni dan budaya Tanah Air kita,” ujar Rudi Suwignyo, ketua panitia Gebyar biMBA AIUEO sesi 3, saat ditemui M&B (13/11).



 

Baca: Agar Balita Gemar Membaca

 

Gebyar biMBA AIUEO diadakan sejak 12-13 November, 2016, di Transera Waterpark, Bekasi. Acara ini sangat seru, karena ada banyak lomba yang diikuti oleh siswa-siswi biMBA se-Jabodetabek. Beberapa lomba itu adalah lomba menggambar, mewarnai, mengarang, hingga story telling.

 

Di acara ini digelar juga talkshow bertajuk “Pendidikan dan Parenting” bersama para narasumber hebat. Narasumber itu adalah Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia), Drs. M.Syarif Bando (Kepala Perpustakaan Nasional), Prof. Dr. Sudarsono SH. MA. (Pembina Yayasan Pengembangan Anak Indonesia), Ir. Bambang Suyanto (founder biMBA AIUEO), dan Woro Titi Haryanti (Deputi bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan – Perpusnas).

 



Menurut Najwa Shihab, tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan gemar membaca buku. “Baca buku itu tidak harus yang isinya berat, lho. Supaya anak suka baca buku, biarkan saja anak baca buku sesuai hobinya. Misalnya ia sukanya boneka atau Korean Pop, berikan saja buku tentang itu dan biarkan ia menikmati informasi yang bisa diserap tentang hobi tersebut. Perlahan anak pasti jadi gemar membaca,” saran Najwa Shihab, putri mantan Menteri Agama, Quraish Shihab.

 

Baca: Melatih Daya Ingat Anak dengan Membacakan Dongeng

 

Najwa sendiri mengaku mulai jatuh cinta pada buku sejak ia belum bisa membaca, semua itu berkat orang tuanya yang gemar membacakan buku. “Orang tua saya gemar membaca, maka sejak masih kecil saya pun tidak asing lagi dengan kegiatan membaca buku, tentang apapun,” ujar Najwa.

 

Nah, jika Moms ingin menumbuhkan minat baca pada anak, mungkin Moms bisa mencontoh cara orang tua Najwa. Mereka rutin membacakan Najwa dongeng sebelum tidur. Dengan kegiatan sederhana seperti itu, terbukti Najwa tumbuh menjadi sosok yang tidak bisa lepas dari buku. Ayo, Moms, tumbuhkan sikap gemar membaca pada Si Kecil sejak dini! (Tiffany/Dok. M&B)
 



Tags: baca,   buku,   gemar_membaca,   anak,   balita,   cerdas,  








Cover Maret 2020