Mother&Baby Indonesia
5 Ramuan Rumahan saat Anak Sakit

5 Ramuan Rumahan saat Anak Sakit

Moms, dalam pertumbuhan dan perkembangannya, Si Kecil mungkin akan sakit, seperti demam, batuk, atau jatuh dan terluka. Jika penyakit yang ia derita serius, tentu Anda perlu ke dokter. Tapi, jika anak hanya menderita gejala-gejala ringan, beberapa obat rumahan buatan Anda dan istirahat yang cukup, dapat membuatnya merasa lebih baik. Berikut beberapa obat rumahan yang dapat Anda racik sendiri dengan mudah, seperti dilansir dari Parents.com.

 

1. Lemon dan Madu untuk Sakit Tenggorokan



Lemon membantu meredakan sesak tenggorokan, sementara madu membuat tenggorokan terasa lebih nyaman. Penelitian juga mengungkapkan bahwa satu sendok makan madu mampu meredakan batuh lebih baik daripada obat batuk. Namun, bayi di bawah 1 tahun tidak boleh mengonsumsi madu ya, Moms.

 

2. Teh Kamomil untuk Kolik

Menurut Dr. McClafferty, dokter spesialis anak di North Carolina, Amerika, Anda dapat memberikan 1–2 ons teh lewat botol, saat anak sedang kolik. Pastikan suhu teh sama dengan suhu ruangan. Jangan memberinya lebih dari 4 ons per hari, agar ia tetap punya ruang dalam lambung untuk ASI atau susu formulanya.

 

3. Baking Soda untuk Gigitan Serangga



Campurkan satu sendok teh baking soda dengan air sampai menjadi adonan yang kental. Oleskan pada kulit anak yang gatal dan bengkak karena gigitan serangga. Kandungan alkali dalam baking soda meredakan bengkak dan gatal pada kulit.

 

4. Hair Dryer untuk Sakit di Telinga

Jika terjadi infeksi telinga, Anda perlu ke dokter dan memberi Si Kecil antibiotik tetes. Tetapi, untuk kasus ringan, Anda dapat membantu Si Kecil dengan berdiri sekitar 30 cm dan menyalakan hair dryer ke arah telinganya. Ingat, atur pada suhu hangat ya, Moms, jangan suhu panas.

 

5. Teh Jahe untuk Mabuk Darat

Jahe dapat meredakan lambung yang mual. Untuk anak usia 2 tahun dan lebih, tambahkan satu sendok teh parutan jahe ke air mendidih. Tambahkan teh dan madu untuk membuatnya lebih lezat, biarkan hingga hangat. Minumkan pada Si Kecil setengah jam sebelum ia menempuh perjalanan dengan mobil. (Nadia/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)



Tags: tips,   info,   bayi,   balita,   kolik,   batuk,   gatal,   ramuan,   herbal,   jahe,   lemon,   madu,  








Cover Januari - Februari 2020